“…JALAK HITAM / KERBAU…”


"...Si Pahing Jalak Hitam Ku..."

PHOTO By :  Red NRMnews / Nasionalis Rakyat Merdeka News Online

“…NRMnews – JAKARTA, Burung Jalak Hitam atau yang lebih di kenal dengan sebutan Jalak Kebo / Penyu ini adalah : Jenis Burung Kicau yang tergolong dalam suku Sturnidae dengan ukuran tubuh sedangnya yaitu antara 20 -30 cm. Jenis burung ini biasa hidup berkelompok dengan jumlah antara4 s/d 6 ekor dan bersuara ribut.

Bagi para pengemar burung kicau memang keberadaan burung Jalak Kerbau ini tak terlalu mendapat perhatian khusus. Dan kadang hanya di pergunakan sebagai sarana burung Master untuk melatih suara burung kicau jenis lain agar lebih merdu dan menjadi rajin berkicau.

"...si Pahing Jalak Hitam / Kerbau Ku..." Di atas Sangkar Sang Kawan.

Hal ini di karenakan Kebiasaan dari burung Jalak Kerbau ini yang kerap mengikuti / meniru suara burung jenis lainnya.

Burung Jalak Kerbau ini memiliki suara yang keras sekaligus berisik. Dengan ciri tubuhnya tegap, aktif bergerak lincah serta di tunjang pula dengan paruh dan kakinya yang berwarna kuning.

Bermata Tajam dengan lingkaran putih atau kuning di antara bola matanya. Bulu – bulunya berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian sayapnya.

Jenis Burung Kicau yang tergolong relatif mudah untuk di jinakkan ini, sangatlah cocok di pelihara menjadi penghias dan pengisi suara alam di rumah – rumah. Di habitat aslinya burung ini biasa bersarang di dalam lubang – lubang pohon besar. Dan sering pula kita jumpai di areal persawahan nampak sedang asyik bertengger di atas punggung seekor Kerbau yang sedang merumput atau berkubang dalam lumpur.

Hal ini di karenakan burung Jalak ini gemar memakan parasit atau kutu – kutu yang terdapat pada punggung Sang Kerbau tersebut. Dan oleh sebab itu pulalah Burung Jalak Hitam ini juga di kenal dengan sebutan Jalak Kerbau. Jenis Burung ini hampir sama dengan saudara – saudaranya sesama burung yang gemar memangsa berbagai Serangga seperti Belalang, Ulat, Cacing Tanah, Jangkrik dsb. Selain itu mereka pun gemar memakan buah – buahan seperti Pisang dan Pepaya.

"...Si Pahing Jalak Hitam / Kerbau Ku..."

Bagi yang sudah jinak burung Jalak Kerbau ini pun bisa di berikan Voer sebagai pakan sehari – harinya,  yang banyak di jual di toko – toko penjual pakan Burung, Unggas atau pun Ikan. Burung Jalak Hitam / Kerbau ini selain memiliki kegemaran untuk senantiasa mandi dan meniru suara burung lainnya.

Ternyata dia juga mampu menirukan suara manusia meskipun tak sepandai ocehan burung Beo yang mampu lebih banyak menirukan kosa kata bahasa manusia.

Meskipun agar burung Jalak Kerbau ini mampu menirukan suara manusia, di perlukan sedikit kesabaran dalam melatihnya. Daerah Penyebaran Habitat Burung ini mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Malaysia, Thailand bahkan hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Jumlah Populasinya yang cendrung kian menurun karena faktor seleksi alam dan ulah penangkapan yang di lakukan manusia. Membuat Jumlah species burung ini kian di ambang kepunahan, meskipun nasibnya tak separah yang di alami oleh saudara – saudara satu speciesnya yang lain seperti : Jalak Bali, Jalak Suren, Jalak Nias, Jalak Putih dsb. Namun Tetaplah hal ini menuntut perhatian kita untuk tetap berusaha menjaga kelestariannya di alam bebas.

( Oleh :  Red NRMnews / Albert Dody Richmanto )

About these ads

182 gagasan untuk ““…JALAK HITAM / KERBAU…”

    • Kalau burung itu sudah lama di pelihara dan jinak,biasanya ketika dia lepas tidak langsung terbang jauh2 (masih di sekitar kandang atau rumah kita).Jadi di buka saja pintu kandangnya,lalu pancing dgn makanan kesukaannya spt serangga. Biarkan suasananya sedikit tenang ( tidak gaduh) agar dia mau masuk kandangnya kembali dgn tenang,biasanya nanti ia akan masuk sendiri utk mengambil makanan.Selamat mencoba n semoga beruntung

    • Masih bisa sembuh koq mas,asal kakinya yg patah di bebat sementara dgn kaian perban atau yg lain. Dan juga di beri penyangga dari kayu atau bilah bambu, spt layaknya merawat patah tulang. Walaupun perlu proses waktu yg tidak singkat dan perlu sedikit kesabaran.Tapi lama2 kelamaan,tulang yg patah itu bisa pulih kembali secara alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil

    • Burung Jalak memang bisa jg menirukan suara manusia,namun untuk bisa spt itu perlu proses waktu yg cukup lama dan perlu kesabaran.Utk meningkatkan kualitas suara burung Jalak cukup sesekali di beri pakan serangga spt jangkrik,ulat dll.

      • Belum ada ciri khusus yang pasti, buat membedakan Jalak Kerbau yang bisa bicara, perlu proses yang lama dan kesabaran buat melatihnya, tergantung tingkat kecerdasan burung Jalak yang kita miliki

  1. saya punya jalak kebo masih bahan, sudah sebulan sy plihara kok, ga bgitu doyan pur,.?maunya pisang atau pepaya aja,..dan jangkrik.kenepa yaa…?

  2. jalak kebo mata putih punyaku bisa ngucap cewek,morning,mikum,love u,dan beli pulsa,tp syaratnya mang kudu udah tua,kaki bersisik dan super jinak

  3. kak saya mw tnya
    gmana cara menjinakan burung agar mw di tangan kita sam di pundak kita
    kayak limbad gtu lohh
    dan berapa lama kita melatih agar bisa menjadi suara manusia
    trims

  4. banyak yg blg mata putih yg bisa suara manusia, tapi gmn yg mata kuning,,? bisa ga..?dan knapa sgt rakus skali,,apa aja kalo di turutin pasti habis..

    • Burung jalak memang bisa di latih utk dapat bicara,tp memang tidak semua bisa, tergantung dari tingkat kecerdasan si jalak itu sendiri dlm merespon kosa kata bahasa manusia. Dan itu perlu waktu yang tidak singkat juga perlu kesabaran. Burung Jalak memang tergolong burung yg suka makan,jd jangan heran kalau agak boros dlm hal pemberian pakan…

  5. mas mau nanya kenapa ya,jalak kebo ku, sering angkat kaki sebelah, seperti lumpuh ja..pdhl bs bergerak.. Jalak hampir jinak, bs diberikan makan belalang..takutnya mati klo terlalu jinak..

  6. Bang,….. aku punya 2 e jalak kebo. Yang satu jalak kebo saya udah 3 hari ini males ngoceh. paling cuman siulan ama lompat aik turun di sangkar padahal sebelumnya luar biasa ributnya. emang 3 hari sebelunya aku sempet kasih dia jangkrik pagi 3 sore 2. maunya sih supaya tambah gacor. eh malah salah. apa ini pengaruh dia birahi. tapi yang satunya tetep gacor. gimna yaa…..

  7. saya baru beli burung jalak pak, tapi di taro di kandang sendirian pak. nnti bs cpt berkicau g, krn sy jg blm pny burung lain selain burung jalak kebo itu.

    • Biasanya burung yang baru kita beli atau dapatkan,perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kalau dia sudah terbiasa dengan lingkungan barunya itu,lama2 dia akan aktif dan berkicau dengan sendirinya..

  8. mlm om. mau tanya jalak hitam/kerak kebo ada brapa jenis, nama di tiap daerah samaga. sya punya satu ekor tp gatau nama ny jalak apaan,
    ciri-ciriny standar jalak hitam ada bulu putih di ujung ekor and sayapny, trus bulu di ujung kepala bagian dpan ada sedikit jambul, kira2 jenis kerak hitam apa ya om, mksh

    • Untuk membedakan jalak kerbau jantan dan betina perlu diperhatikan secara seksama karena kedua-duanya bisa berkicau, secara umum Jalak Kebo yang jantan berbadan lebih besar dan bersuara keras, bulunya hitam mengkilap dan kicauannya lebih bervariasi; sedangkan yang betina suaranya lebih kecil, badannya lebih kecil, bulunya agak kusam keabuan dan kicauannya kurang bervariasi..

    • Memang kegemaran burung jalak untuk mandi, bisa disemprot atau diberikan wadah air untuk mandi, tetapi jangan terlalu sering dikagetin burungnya. agar jinak dan berani mendekat coba dikasi makanan berupa serangga (jangkrik/belalang/ulat hongkong) dengan jari/tangan..selamat mencoba

    • Burung Jalak tidak biasa mandi malam,jadi lebih baik di mandikan waktu pagi atau sore saja Mas, atau sediakan tempat mandi di dalam sangkarnya, maka Jalak itu akan mandi dengan sendirinya kapan saja dia mau.

    • Berikan pakan selingan berupa ulat atau serangga seperti jangkrik atau belalang, tapi jangan terlalu banyak,cukup satu atau dua ekor perhari untuk merangsang kicauannya.

  9. Mas sy baru beli jalak seminggu, kicaunya sudah luar biasa, ada 5 suara bisa ditirukan, cuman jalak saya agak aneh jari kaki kanannya berjumlah 5 dan yang jari di tengah berkuku panjang agak seram memang… pertanyaannya boleh nggak kuku-kuku jalak kita potong atau rapikan, dan apa pantangan jenis burung ini, semacam larangannya misal cium terasi, lihat mayat dll, sebab ada cerita teman jalaknya mati karena cium terasi…mohon pencerahan. Trims

  10. mz, qw bru bLi td pagi matanya putih, warna bLunya agak abU2, tapi bLom dewasa, suaranyapun masih jarang2 ngoceh, gmn caranya dia sering ngoceh???? thnk’s

  11. Boz saya punya JK mata putih kaki hitam tp giras banget sdh sering sya pancing beri jangkrik dgn tangan tp udah lama msh aja giras gmn ya biar jd jinak???

    • Untuk menjinakkan burung Jalak memang perlu waktu dan kesabaran,tergantung karakter / mental si Jalak tersebut.Untuk Jalak yang berkarakter sangat liar dan mudah stress sebaiknya, jalaknya di taruh di tempat yang agak tenang / tidak sering mendengar suara yg dpt membuatnya kaget / ketakutan. Atau sementara waktu kandangnya di berikan kerudung penutup,agar dia dapat tenang.

    • Di jauhkan ataupun di jejerkan berdampingan dengan Jalak yang lain gak masalah. Tapi kalau ingin melatih agar suaranya keras, sebaiknya mereka di pisahkan berjauhan dan tidak saling terlihat,agar mereka bisa saling memanggil / berkicau sahut-sahutan.

  12. Maz saya punya jalak mata putih dan mata kuning supaya gacornya lama dan gak patah patah gimana apa di kroto dan di beri makan jangkri setiap hari

    • Begitu juga boleh, krn serangga atau pun kroto bagus untuk menambah kualitas suara, tapi jangan terlalu banyak / berlebihan dalam memberi pakan berupa serangga atau krotonya. Cukup sehari 1 – 3 ekor Jangkrik saja sudah cukup.

  13. admin, saya mau tanya.
    1. saya punya jalak kebo sudah 1 bln tapi warnanya masih kusam. bagaimana warnanya supaya mengkilap.. hehehe
    2. masalah pakan saya ksh voer yg eceran, boleh gak? kalau EF saya selingi jangkrik dan UH.( 1 hari jangkrik, bsknya UH)
    3. boleh gak sebelahan sama crocokan?? hehehe
    4. kalau yg terakhir pasti sudah banyak tanya, bagaimana supaya kicau walaupun blm gacor. setidaknya ada bunyinya lah.. hehehe

    terima kasih, maaf banyak mengajukan pertanyaan.. :) salam kicau.

  14. Om minggu kemarin saya beli jalak nias.. katanya agar jalak nias saya cepat jinak.. tiap malam jam 9 saya ambil tempat pakannya paginya kirakira jam stngh 8 saya mandikan dengan di semprot..10 menit kemudia saya kasi makan jangkrik pake tangan..kemarin kemarin belum mau dia makan jangkrik dari tangan saya. jadi saya taruh di temat pakanya 4 jangkrik setelah habis saya taruh voer …tadi pagi dia dah mau makan jangkrik dari tangan saya dan udah gak gelabakan lagi sekarang dan udah mau bunyi,dan bunyinya kenceng banget tp masi jarang

    tp om yang jadi pertanyaan saya.. sehat gak nantinya kalo tiap jam 9 saya ambil tempat pakannya dan kembalikan paginya setelah saya kasi jangkrik..soalnya saya takut jalak saya mati T_T karena kelaparan..di bales yah om

    • Kalau memang burung Jalak Niasnya di rasa sudah cukup jinak, tempat makannannya gak perlu lagi di ambil pada jam2 tertentu. Jadi biarkan saja dia tetap berisi makannannya sampai pagi. Utk pemberian Jangkrik sehari cukup satu atau dua ekor saja, di selingi dgn voer atau buah2an.

      • wahh berarti saya kebanyakan ngasi jangkriknya biasanya pagi 5 siang 5 sore 5..
        soalnya kalo dia abis di kasi jangkrik malah bunyi-bunyi gitu …untuk buah saya kasih pepaya sama pisang..

        terus om biar dia rajin bunyi gimana?? apa harus ada lawan dia kicau?? kalo di tempel jalak kebo bagus gak om
        terima kasih om sudah jawab…berarti masa geladakan sudah lewat ya om :D..

      • Bisa-bisa saja Jalaknya di beri pakan Gold Coin,tapi di selingi juga dengan buah-buahan, ulat atau jangkrik, dan burung Jalak bisa juga ikutan bareng suara burung yang lain.

  15. apa sih perbedaannya jalak kerbau betina dan laki laki?
    mas saya punya jalak kerbau satu trus gak berkicau apakah ini karna tidak ada temannya yang satu jenis tapi ada burung burung lain?trimakasih

    • Jalak kerbau jantan biasanya badannnya lebih panjang dari yang betina, jambulnya lebih sering berdiri permanen, gerakannya lebih lincah dan matanya lebih awas dari yang betina. Sebaiknya memang jalak kerbaunya, mas kasih teman, supaya dia bisa saling bersahut-sahutan.

  16. Mas saya mau bertanya, saya baru beli jalak kebo mataputih, kalo saya perhatikan lingkaran hitamnya terkadang suka membesar nanti mengecil apakah memang jalak kebo seperti itu lingkarang hitam nya mas tks

    • Yaa memang seperti itu, yang membesar dan mengecil itu adalah pupil matanya. Kalo cahaya dari sekitarnya sedikit maka dia akan membesar, sedangkan kalau cahayanya banyak maka pupil matanya akan mengecil. Jadi gak perlu kuatir.

  17. mlem om..oy mw tanya sayah jg puny kerak hitam drumh nih..yg mw sayah tnyakan..ap msti wajib tuh klo mlem2 pake krodong..soalny punya sayah pagi ato pun mlem dtaroh di luar rumah sangkarnya..gmn tuh om??mohon pncerahannya..:D..thankz..

      • Mereka bisa saja di satukan, tapi biasanya mereka akan berkelahi dulu sebelum mereka mengenal satu dengan yang lain, jd mereka perlu waktu untuk dapat beradaptasi dalam satu kandang.

  18. mas saya pelihara jalak kebo hitam tapi kok enggak mau makan jangkrik dia cuma mau kalau di kasih ulat dan pangan hariannya gold coin, jd gimana ya mas biar dia jg mau makan jangkrik? trus kalau kandang jalak kebo berdampingan dengan kandang murai batu boleh egak mas? tolong pengarahanya ya mas.
    sebelumnya saya ucapkan trims.

  19. mas saya punya jalak mata putih, yang saya beli udah dewasa tapi kok jarang bunyi terus enggak mau makan jangkrik, dia cuma mau makan ulat saja mas.
    lalau pangan hariannya gold coin mas, trus gimana ya mas biar dia mau makan jangkrik?
    kalau kandangnya berdampingan sama murai batu boleh egak mas?
    tolong diberi saranya ya mas
    Trims.

    • Untuk persoalan jalaknya yang jarang bunyi, kemungkinan dia sedang stress atau krn tidak ada lawannya sesama Jalak kerbau utk berkicau sahut-sahutan. Kalau soal tidak mau makan jangkrik, kemungkinan sebelumnya jalak tersebut memang jarang di beri pakan jangkrik, dan lebih terbiasa makan gold coin, voer, atau pun ulat sehingga untuk bisa makan jangkrik dia perlu waktu adaptasi terlebih dahulu, dan sedikit kesabaran. Tapi persoalan makan Jangkrik atau tidak sebenarnya tidak terlalu bermasalah, sebaiknya Jalaknya di beri pakan bervariasi spt buah2an untuk selingan. Utk persoalan berdampingan dengan Murai Batu sebenarnya tidak masalah, tergantung dari mental Jalak Kerbaunya. Kalau mental jalak kerbaunya bagus / kuat, meskipun kandangnya berdampingan dengan burung kicau jenis lain, hal itu tidak membuatnya terpengaruh (minder) dan ia akan tetap terus berkicau nyaring.

  20. Misi gan ane mau tanya…. ane baru beli burung jalak info yang ane terima katanya burung jalak warna mata putih lebih bagus di banding yang warna mata kuning. apakah bisa dilihat dari bentuk lainnya sperti paruh dan kaki… karena yang ane beli warna paruh dan kaki nya lebih tampak kuning dibanding jalak kebo yang satunya… apakah burung yang ane beli jalak mata kuning?

    • Yang di maksud Jalak mata kuning atau mata putih itu terletak dari lingkaran cincin bola matanya, bukan warna paruh atau kakinya. Jd kalau burung jalak kebo Agan lingkaran bola matannya berwarna kuning, berarti dia tergolong jenis jalak kebo mata kuning. Tp kalau burung jalak kebo Agan lingkaran bola matannya berwarna putih, berarti dia jalak kebo mata putih.

  21. selamat sore pak……numpang nanya dikit ne pak..
    saya kepengen sekali pelihara burung jalak pak…cuma saya bingun antara jalak kebo atau jalak uren…..kira-kira dari segi suara bagusan yang mana pak..dan kelebihan antara burung jalak kebo dengan jalan uren apa aja pak….di daerah saya jalak uren jauh lebih mahal pak dari pada jalak kebo..kalau jalak uren bisa di jula dengan hrga Rp 1.500.000,- pak..sedangkan jalak kebo cuma di jual dengan harga Rp 300.000,-
    namun anakan burung jalak susah sekali pak dpatnya..di penjual burung terkadang datangkan yang sudah indukan….kira-kira kalau saya beli yang sdah dewasa apa bisa berkicau dan di jinakkan pak pengen beli yang murah aja pak seperti jalak kebo..tapi apakah ada kesamaan dengan jalak uren pak selain dengan perbedan warnanya…..di rumah sya adanya burung perkutut aja pak..cuma tertarik dengan burung jalak juga..mohon bantuannya pak.muhklis jayapura-papua.tks

    • Untuk membedakan jalak kerbau jantan dan betina perlu diperhatikan secara seksama karena kedua-duanya bisa berkicau, secara umum Jalak Kebo yang jantan berbadan lebih besar dan panjang, bersuara keras, bulunya hitam mengkilap dan kicauannya lebih bervariasi, jambulnya lebih sering berdiri tegak. Sedangkan yang betina suaranya lebih kecil, badannya lebih kecil, bulunya agak kusam keabuan, jambulnya jarang kelihatan berdiri, dan kicauannya kurang bervariasi..

  22. saya numpang baca aja, terimkasih ya admin atas jawabanya, anda cukup sabar menjawwb pertanyaan yang berualng, dan saya gak perlu tanya lagi. Saya baru beli jalak kebo harga 100 lumayan lincah dan giras, semoga saja betab dan berkicau. Salam buat penggemar bhrung pemula

  23. Terima kasih banyak atas segala informasinya,sehingga sangat membantu sekali dalam perawatan jalak kerbau,mau tanya gan…untuk stelan harian yang bagus untuk jalak kerbau seperti apa ya?mohon penjelasannya..thk

  24. Saya baru dapet jalak hitam jambulna dikepala panjang banyak n matana hitam posturna lebih besar dari kebo,bunyinya juga variatif n keras mampu ngimbangin MB dirmh,kira2 jalak saya jenisna ap?kata bakulna jalak vietnam,mohon infona om,,thz salam kenal

  25. Prmisih om saya kan punya jlak kebo
    saya pelihara ny krng lbih udh 1 thun lbih
    trus kalo misal ny pada mlam hari mati lampu / saya tngglkan di luar brung ny itu ketakutan
    apa bnar om jalak kebo ini mempunyai magic om
    makasih ..

  26. saya 2hari yg lalu beli jalak kebo tangkapan hutan_____saya taruh di kandang kok girasnya minta ampun terus saya jg blm pernah denger ocehanya______padahal di samping kandang ada sepasang burung parkit yg selalu berisik. gimana caranya supaya jinak & mau ngoceh_______

  27. saya 2hari yg lalu beli jalak kebo tangkapan hutan_____saya taruh di kandang kok girasnya minta ampun terus saya jg blm pernah denger ocehanya______padahal di samping kandang ada sepasang burung parkit yg selalu berisik. gimana caranya supaya jinak & mau ngoceh_______

  28. nompang bertanya ya :

    saya punya 1 ekor jalak kerbau mata kuning, saya sering sekali memberi pakan ulat hongkong.
    menurut blog yang yang saya baca, katanya ulat hongkong tersebut membuat gangguan pada penglihatan. apakah itu betul ya ???

    kemudian gan
    burung jalak saya seperti bersin bersin. itu terkena penyakit ngak ya. Gimana Sih cara penanggulangannya ?????

    makasih gan ……..

  29. jalak hitam saya walau berumur 8 (delapan) bulan tetapi sangat gacor, pisang, jangkrik dan voer kita akan senang kalau tiap kali pulang kantor dan siul selalu menyahut terlebih kalau kita bawa makanannya seolah pingin berlari kearah kita

  30. saya punya jalak kebo mata kuning bisa menirukan ketok pintu,salam,klakson motor,tertawa.oke.
    satu nya lagi mata putih tp blm bs ngomong msh liar dan msh muda….. banyak blog tulisan disini yg bisa jadi masukan buat saya. trm ksh om dan akan saya coba……..
    salam jalak kebo.

  31. JK sy sangat bawel umur masih muda, gak ada henti2nya ngoceh bila ada orang lewat atau datang kerumah, tp akhir2 ini tdk mau dikasih jangkrik, makannya hanya pisang, tomat dan sedikit voer dlm cepuknya. Pertanyaannya ada masalah apa jika JK tdk mau diberi makan jangkrik. Mohon blsnya, Trims.

  32. “minta pencarahan nya mas”
    mas saya baru belajar memelihara jalak kebo jenis mata kuning…saya beli di pasar burung dengan harga 100ribu,karena udah isian…tapi masi suara standarnya yang berisik belum ada suara fariasinya ..
    pas saya bawa pulang ,,ngoceh terus ,tapi kurang jinak,udah agak dewasa kayaknya,
    pertayaan saya gini mas===>1.gimana cara pengisian ke jalak kebo saya biar suara nya lebih bervariasi?
    2.apakah masi bisa di isi (suara biar bisa berfariasi)burung jalak saya yang udah dewasa?

  33. om saya minta tolong dong
    rawatan jalak stress gmna ya? gara gara jatuh sangkarnya
    padahal dulunya udah bunyi panjang
    sekarang sungguh sedih bang .. makasih sebelumnya

    • Kalau Jalaknya mengalami Stress, krn sangkarnya jatuh dll, untuk sementara waktu pindahkan dulu sangkarnya ketempat yang aman, tenang dan tidak banyak suara gaduh, supaya dia lebih tenang (gak kagetan) dan mentalnya kembali pulih.

      • Om, mau nnya, sy pnya jalak kebo bru sya beli 5 hri yg lalu Rp.40rbu, kata penjualnya ini jalak bukan anakan, tapi masih muda. Awalnya jalaknya gelisah bgt, suka lompat2 gk jelas, mulai ngeluarin suara sekedar cuit (tdak berirama), sya pikir mungkin masih adaptasi, sekitar 3 hri yg lalu, dy gelisah lompat2nya pda pagi hari aja, agak siang dy diem sendiri, sekitar 2 hri yg lalu sijalak saya pancing suara burung yg ada dihp sya, akhirnya dy mulai bersuara (mulai ada irama) baru sehari sih tepatnya tadi siang, tapi saat sore saya ksih mkan jangkrik seperti biasa stlah sya mandikan, saya sempat lengah ada kucing yg menghampiri jalak saya, smpai pas sya gntung kembali ketempatnya jalak sy mulai lompat2 gk jls lgi smbil cuit (tak berirama). Nah yg sya takutkan dy stress. Pertanyaanya butuh wktu berapa lama supaya jalak sya kembali normal? apa yg hrus sya lakukan agar jalak sy tidak stress lgi? Mohon dibantu Terima kasih sebeluOm, mau nnya, sy pnya jalak kebo bru sya beli 5 hri yg lalu Rp.40rbu, kata penjualnya ini jalak bukan anakan, tapi masih muda. Awalnya jalaknya gelisah bgt, suka lompat2 gk jelas, mulai ngeluarin suara sekedar cuit (tdak berirama), sya pikir mungkin masih adaptasi, sekitar 3 hri yg lalu, dy gelisah lompat2nya pda pagi hari aja, agak siang dy diem sendiri, sekitar 2 hri yg lalu sijalak saya pancing suara burung yg ada dihp sya, akhirnya dy mulai bersuara (mulai ada irama) baru sehari sih tepatnya tadi siang, tapi saat sore saya ksih mkan jangkrik seperti biasa stlah sya mandikan, saya sempat lengah ada kucing yg menghampiri jalak saya, smpai pas sya gntung kembali ketempatnya jalak sy mulai lompat2 gk jls lgi smbil cuit (tak berirama). Nah yg sya takutkan dy stress. Pertanyaanya butuh wktu berapa lama supaya jalak sya kembali normal? apa yg hrus sya lakukan agar jalak sy tidak stress lgi? Mohon dibantu Terima kasih sebeluOm, mau nnya, sy pnya jalak kebo bru sya beli 5 hri yg lalu Rp.40rbu, kata penjualnya ini jalak bukan anakan, tapi masih muda. Awalnya jalaknya gelisah bgt, suka lompat2 gk jelas, mulai ngeluarin suara sekedar cuit (tdak berirama), sya pikir mungkin masih adaptasi, sekitar 3 hri yg lalu, dy gelisah lompat2nya pda pagi hari aja, agak siang dy diem sendiri, sekitar 2 hri yg lalu sijalak saya pancing suara burung yg ada dihp sya, akhirnya dy mulai bersuara (mulai ada irama) baru sehari sih tepatnya tadi siang, tapi saat sore saya ksih mkan jangkrik seperti biasa stlah sya mandikan, saya sempat lengah ada kucing yg menghampiri jalak saya, smpai pas sya gntung kembali ketempatnya jalak sy mulai lompat2 gk jls lgi smbil cuit (tak berirama). Nah yg sya takutkan dy stress. Pertanyaanya butuh wktu berapa lama supaya jalak sya kembali normal? apa yg hrus sya lakukan agar jalak sy tidak stress lgi? Mohon dibantu Terima kasih sebeluOm, mau nnya, sy pnya jalak kebo bru sya beli 5 hri yg lalu Rp.40rbu, kata penjualnya ini jalak bukan anakan, tapi masih muda. Awalnya jalaknya gelisah bgt, suka lompat2 gk jelas, mulai ngeluarin suara sekedar cuit (tdak berirama), sya pikir mungkin masih adaptasi, sekitar 3 hri yg lalu, dy gelisah lompat2nya pda pagi hari aja, agak siang dy diem sendiri, sekitar 2 hri yg lalu sijalak saya pancing suara burung yg ada dihp sya, akhirnya dy mulai bersuara (mulai ada irama) baru sehari sih tepatnya tadi siang, tapi saat sore saya ksih mkan jangkrik seperti biasa stlah sya mandikan, saya sempat lengah ada kucing yg menghampiri jalak saya, smpai pas sya gntung kembali ketempatnya jalak sy mulai lompat2 gk jls lgi smbil cuit (tak berirama). Nah yg sya takutkan dy stress. Pertanyaanya butuh wktu berapa lama supaya jalak sya kembali normal? apa yg hrus sya lakukan agar jalak sy tidak stress lgi? Mohon dibantu Terima kasih sebelumnnya.

      • Om, mau nnya, sy pnya jalak kebo bru sya beli 5 hri yg lalu Rp.40rbu, kata penjualnya ini jalak bukan anakan, tapi masih muda. Awalnya jalaknya gelisah bgt, suka lompat2 gk jelas, mulai ngeluarin suara sekedar cuit (tdak berirama), sya pikir mungkin masih adaptasi, sekitar 3 hri yg lalu, dy gelisah lompat2nya pda pagi hari aja, agak siang dy diem sendiri, sekitar 2 hri yg lalu sijalak saya pancing suara burung yg ada dihp sya, akhirnya dy mulai bersuara (mulai ada irama) baru sehari sih tepatnya tadi siang, tapi saat sore saya ksih mkan jangkrik seperti biasa stlah sya mandikan, saya sempat lengah ada kucing yg menghampiri jalak saya, smpai pas sya gntung kembali ketempatnya jalak sy mulai lompat2 gk jls lgi smbil cuit (tak berirama). Nah yg sya takutkan dy stress. Pertanyaanya butuh wktu berapa lama supaya jalak sya kembali normal? apa yg hrus sya lakukan agar jalak sy tidak stress lgi? Apa normal kalau jalak sukanya lompat2 gak jelas? Mohon dibantu Terima kasih sebelumnnya.

  34. Saya punya Jalak Kebo tapi pinter berkata “selamat pagi bos,pagi pak,becak,nina,kakek” dan bisa laku 500rb,jenisnya bermata putih,kuku kuning dan ukuran jalaknya besar.

  35. saya pnya jalak kebo msh muda,,,lg ngriwik sambil manggut-manggut,,,jambul blm tumbuh…blm hitam warna bulunya,,,apa jalak saya betina???
    mslahnya jalak saya dari lolohan sendiri…jinak bnget…

  36. Bang,disekitar rumah saya ada beberapa jalak kebo.bagaimana untuk menjinakkannya supaya dia mau ditangkap

  37. mas bro saya punya jalak kebo matanya gak terlalu kuning dan tidak terlalu putih,,,,,,,,, masih muda apakah jalak saya termasuk mata kuning atau putih terimakasih………………

  38. bang ane dari plg ane punya jalak kebo yang anakan tapi sayang dari nangkep d alam liar ,. umur sekita 3 bln , umur berapa ea yang mudah di latih bersuara merdu N suara manusia ,. abis suara,nya hanya ,. cittt ,. ciiiuuutt ,. cuma itu ,. tolong bales ya bang ,. ane tunggu ,.

  39. Sewaktu kecil dulu, setahun beberapa kali kunjung ke rumah nenek dari Ibu, di Magelang, Jawa Tengah. Selain senang ketemu nenek, saudara-saudara sepupu & juga Pakdhe, terkesan sekali sama Pakdhe yg selalu punya piaraan burung kicauan, salah satu burung yg (hampir pasti) ada dimiliki beliau adalah burung jalak. Waktu itu saya sangat terkesan dengan burung jalak tersbut, seakan mewakili sosok pemiliknya yang mriyayeni, akhir-akhir ini saya teringat terus kenangan masa keci, ditambah setiap berangkat kerja melewati pasar burung Pramuka, akhirnya jadi pengen beli burung, khususnya jalak, setelah bertanya ke ahlinya, alhamdulillah dapat referensi/rekomendasi, tadi siang, ba’da dhuhur, beli satu burung jalak, seneng banget rasanya, tampilan burung tsb terasa mriyayeni, klimis & berwibawa, sangat mengesankan. Sampai malem gini pun masih kutengok-tengok. (Masafit, Matraman, Jak-Tim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s