“..GARUDA SHIELD 2011..” : Memperkuat Profesionalisme Tentara Perdamaian PBB


“…(kiri ke kanan) Brigjen Mulyono, Brigjen Alexander Koslov, dan Penerjemah dalam Acara Serah Terima Gedung Kelurahan Situ Gede…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – BOGOR, Komando Garuda Shield merupakan sebutan bagi Latihan Gabungan untuk perdamaian antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan US Army di wilayah Pasifik (USARPAC).

” Garuda Shield 2011 ” merupakan latihan gabungan yang kelima kalinya diselenggarakan kedua belah pihak dan telah dilaksanakan pada 6-22 Juni 2011 lalu.

Sebanyak 631 personel TNI AD dan 144 tentara AS berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan penanganan dan pengambilan keputusan bersama dalam operasi perdamaian.

Dimana Indonesia adalah negara penyedia pasukan ke-17 terbesar untuk misi-misi penjaga perdamaian dunia oleh PBB, dan penyedia pasukan terbesar di Asia Tenggara.

Latihan bersama ini dibuka di Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNI AD, Bogor, Jawa Barat. Pada latihan bersama ini diaplikasikan kemampuan gabungan dalam operasi gladi posko dan gladi lapangan seperti taktik menghadapi bom jebakan (booby trap)/ranjau dan bagaimana berinteraksi dengan masyarakat di zona konflik.

Dalam praktek materi bantuan kemanusiaan,Garuda Shield 2011 mengambil lokasi di desa Situ Gede, Bogor. Tentara TNI dan USARPAC bekerjasama untuk pembangunan kios, lapangan parkir, pengobatan massal, dan balai desa Situ Gede. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut telah berdiri gedung Balai Desa Situ Gede yang baru dan telah diserahterimakan kepada Lurah Situ Gede, Rusmana, pada tanggal 21 Juni 2011.

Penyerahan Kantor Kelurahan Situ Gede ditandai dengan penyerahan kunci pintu gedung oleh Deputi Commander USAIR, USARPAC Amerika Serikat Brigadir Jenderal Alexander I Kozlov Kepada Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan dan Lurah Situ Gede Rusmana.

“…Penjelasan Salah Seorg Tentara USARPAC Perihal Kegiatan Garuda Shield 2011…” Photo By :: Red NRMnews.com

Menurut Direktur Latihan Kodiklat TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Mulyono, pemugaran kantor Kelurahan Situ Gede dan bangunan pendukung lainnya merupakan program Enginering Civil Asistance dari proyek Garuda Shield 2011.

Selain itu juga diselenggarakan pula kegiatan bakti sosial seperti khitanan massal dan pengobatan umum bagi masyarakat Situ Gede dan sekitarnya.

Kegiatan semacam ini sudah sering diselenggarakan, sebagai wujud kecintaan TNI dengan rakyat, karena rakyat hakekatnya ruhnya TNI“ papar Mulyono lebih jauh.

Ketika ditanya mengenai pembangunan balai desa tersebut lebih jauh, Deputi Commander USAIR, USARPAC Brigadir Jendral Alexander I. Kozlov mengatakan, “Saya tidak dapat menyebutkan nilai bangunan secara rinci, tetapi ada lebih dari sekedar nilai uang atas apa yang kami lakukan disini . Yang penting adalah terciptanya kerjasama dan relasi yang lebih baik dimana dua angkatan perang berlatih untuk bekerja bersama-sama untuk penanganan krisis yang lebih baik di masa datang”.

Kedua belah pihak mengharapkan pertemanan yang dibina di sini akan tetap langgeng hingga masa mendatang.Di akhir acara Seremoni Serah Terima Bangunan Kelurahan Situgede yang diramaikan pula oleh panggung hiburan. Tampak tentara kedua negara menari bersama dengan akrab mengikuti irama dangdut yang dilantunkan biduan di panggung. Latihan gabungan ini akan ditutup pada kesokan harinya, tepatnya pada 23 Juni 2011 di Lapangan Pusdikzi Kodiklat TNI AD, Bogor.

( Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor :A. Dody. R)

About these ads