“…PENCAPAIAN MDGs Tahun 2011…” ANGKA Kematian IBU, Penanggulangan HIV/AIDS, dan Akses AIR BERSIH Perlu PERHATIAN Khusus


This slideshow requires JavaScript.

SLIDESHOW LIPUTAN EVENT Oleh Team Redaksi Nasionalis Rakyat Merdeka (NRM) News Online

 

"..Suasana jalannya Press Conference.."

Jakarta (01/02/2012) – Millenium Development Goals (MDGs) adalah suatu kerangka acuan pembangunan yang dicanangkan oleh para pemimpin dunia dari 189 negara anggota PBB pada tahun 2000 yang ditargetkan tercapai pada tahun 2015. MDGs adalah 8 tujuan pembangunan millenium sebagai patokan yang konkrit dan terukur untuk menghadapi kemiskinan ekstrim di berbagai hal, terdiri dari 8 butir pencapaian.  Jika tujuan ini tercapai maka kemiskinan di dunia akan berkurang hingga separuhnya, puluhan juta nyawa akan diselamatkan, dan orang-orang akan memiliki kesempatan untuk berkembang dan memiliki hidup yang lebih baik.Utusan khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. Nila Moeloek, dalam press conference Indonesia MDGs Awards di Balai Kartini  Jakarta,mengungkapkan ” Dalam pencapaian MDGs telah tercatat beberapa target yang sudah tercapai seperti angka Kemiskinan untuk 1 dolar per kapita namun perlu diturunkan lagi hingga 7,5%. Target yang on track seperti penurunan angka kematian anak, pendidikan dan kesetaraan gender sedikit lagi akan tercapai. Namun ada 3 poin yang cukup berat dan memerlukan perhatian khusus, diantaranya tingginya angka kematian ibu melahirkan, penyebaran HIV/AIDS yang terus meningkat, serta akses berkelanjutan yang belum memadai ke air minum dan sanitasi yang layak.

"..Para Narasumber.."

”..MDGs poin 4 terkait Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih menjadi salah satu yang tertinggi di Asia. Hingga kini angka kematian ibu melahirkan berada di angka 226 per 100.000 kelahiran hidup, targetnya, AKI mencapai 102 per 100.000 kelahiran hidup pada 2015. Lebih lanjut untuk MDGs poin 6 yaitu mencegah penularan HIV/AIDS dijelaskan oleh Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, Dr.Nafsiah Mboi,SpA, MPH bahwa prevelensi AIDS per 100.000 penduduk secara nasional dapat ditekan pada angka 1.67, namun prevelensi kasus HIV.AIDS di tiap provinsi tidak merata, seperti di Papua dan Irjabar mencapai 25% (16 kali angka nasional), diikuti propinsi DKI Jakarta sebesar 19.3. “Kasus penularan tertinggi adalah melalui hubungan seks berisiko, karenanya kuncinya ada di laki-laki, bila laki-laki tidak terinfeksi maka pasangan seksual/istri dan anaknya tidak akan terinfeksi HIV/Aids pula. Inilah tantangan ke depannya untuk tercapainya MDGs poin 6”. Ibu Martha Tilaar sebagai perwakilan swasta dalam konferensi pers tersebut menyatakan bahwa Sekjen PBB Kofi Anan pada tahun 2000 sudah memanggil sektor swasta untuk aktif terlibat dalam aksi global ini. “..Bukan hanya pemerintah yang harus mengurusi hal ini tetapi swasta juga harus mengambil peran, jangan hanya memikirkan bisnis yang inginnya untung melulu ” imbau Ibu Martha Tilaar, akan jauh lebih baik jika perusahaan mulai berpikir untuk merancang serta mengarus-utamakan CSR sebagai suatu variabel dalam proses bisnis korporasi.

"..Redaksi NRM bersama Ibu Martha Tilaar.."

Memang terlepas dari pemerintah yang memegang peran krusial dalam upaya pencapaian MDGs, kini makin disadari bahwa kontribusi organisasi-organisasi di luar struktur pemerintahan, seperti organisasi pemuda, organisasi masyarakat madani, dan sektor swasta mengambil peran sentral yang signifikan dalam mengisi kesenjangan-kesenjangan yang masih timbul dari program-program pemerintah di tingkat akar rumput. Pencapaian MDGs tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya dukungan dari pemangku kepentingan terkait, yaitu pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, lembaga dan asosiasi terkait serta media.

Oleh : Dwi Pravita G.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s