“…Wajah WILAYAH Perbatasan INDONESIA dan TIMOR LESTE…”


This slideshow requires JavaScript.

SLIDESHOW PHOTO WILAYAH PERBATASAN RI – TIMOR LESTE By : Red NRMnews / Redaksi Nasionalis Rakyat Merdeka News Online

 

“…Pintu Gerbang Perbatasan Atambua – Timor Leste, Milik Pemerintah Republik Indonesia…” Foto By : Red NRMnews

“…NRMnews – ATAMBUA Belu, Daya tarik Festival Wisata Perbatasan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Belu, bukan hanya dari terselenggaranya acara Festival.

Namun berkunjung ke wilayah perbatasan langsung menjadi daya tarik tersendiri bagi Wisatawan untuk mengunjungi wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

Atambua merupakan pintu gerbang utama menuju Timor Leste, melalui Pintu Perbatasan Motaain (sekitar 30 km dari Atambua). Sudah terdapat 4 pos perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste, dari 9 pos perbatasan yang rencananya akan dibangun. Sehingga masih ada 5 pos perbatasan lagi yang akan dibangun.

Ke 4 pos perbatasan yang menjadi pintu utama lalu lintas manusia dan barang adalah Motaain, Metamasin di kabupaten Belu, serta Wini dan Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara, yang berbatasan langsung dengan Ambeno Distric Oecusse, Timor Leste. Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Timor Leste menandatangani 4 perjanjian, untuk meningkatkan hubungan bilateral dua negara bertetangga

“…Pintu Gerbang Perbatasan Atambua – Timor Leste, Milik Pemerintah Republik Demokratic Timor Leste…” Foto By : Red NRMnews

.2 Nota kesepahaman (MoU) telah di tandatangani Menteri Luar Negeri masing-masing, terkait pos perbatasan dan peningkatan kerjasama di bidang Pariwisata.

M. Farid, Direktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Press Con yang diadakan di Atambua, Belu pada 25 Oktober 2012 lalu menyatakan, bahwa daerah perbatasan memerlukan tata ruang yang baik, untuk memberikan rangsangan bagi daerah-daerah yang dikunjungi.

Dari beberapa daerah ada yang cenderung turun karena daerah-daerah tersebut kurang daya tarik wilayahnya. Dan tata ruang yang kurang baik. Dari sisi geografis Atambua ini terbilang cukup menjanjikan, karena berbatasan langsung dengan Timor Leste, bahkan dapat menjadi poros Pariwisata Manca Negara, ungkap M. Farid lebih lanjut.

Berkaitan dengan keinginan Timor Leste, untuk menjadi anggota ASEAN, Direktur Marketing Tourism Timor Leste, yang juga sekaligus menjadi anggota ASEAN Secretary untuk Timor Leste, Aquilino Santos Carito menyatakan, bahwa secara geografis Timor Leste berbatasan langsung dengan ASEAN. Selama 10 tahun terakhir kami berusaha, untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur di Timor Leste, karena salah satu persyaratan untuk menjadi anggota ASEAN adalah infrastruktur yang baik..” tuturnya.

“…M. Farid, Dirut.Promosi Dalam Negeri Kemenparekraf (tengah), dan Aquilino Santos Caritos (kiri) Dir.Marketing Tourism Timor Leste…” Foto By : Red NRMnews

Masih membutuhkan waktu 2 tahun lagi bagi Timor Leste, untuk dapat menjadi anggota ASEAN. Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia, untuk keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN, ungkap Aquilino Santos Carito pada redaksi NRMnews.

Sementara Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenparekraf M. Farid berkenaan dengan meningkatkan kualitas Festival Wisata Perbatasan ini pada tingkat ASEAN, beliau menyatakan bahwa “…Kami ingin sekali meningkatkan kunjungan Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Asing, namun yang menjadi masalah adalah fungsi dan wewenang kami saat ini.

Dan melalui Festival Wisata Perbatasan ini, maka diharapkan akan semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Timor Leste, terutama untuk masyarakat dan pemerintah di daerah perbatasan yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Dimana setiap harinya masyarakat sekitar perbatasan melakukan kegiatan dan melintas batas untuk berbagai macam hal baik secara ekonomi. Kunjungan kekeluargaan, dll. Bagi wisatawan dari Indonesia, dapat masuk ke wilayah Timor Leste hingga wilayah Batugede, sekitar 5 km dari pintu perbatasan di kabupaten Belu. Untuk selebihnya harus mendapat izin dari pihak Imigrasi Timor Leste. Demikian juga sebaliknya.

 
( Oleh : Red NRMnews / Santi Widianti )

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s