“…PENTINGNYA Menjembatani KESENJANGAN Pembangunan ASEAN…”


“…Sek Jend Asean H.E.Dr Surin Pitsuwan…” Foto By : Red NRMnews

“…NRMnews – JAKARTA, Inisiatif untuk Integration ASEAN Development Cooperation Forum (IDCF) atau Forum Integrasi Kerjasama Pembangunan ASEAN telah berhasil diselenggarakan pada hari Selasa 30 Oktober 2012, bertempat di gedung Sekretariat ASEAN Jakarta. Forum membahas inisiatif untuk Integrasi ASEAN dan cara-cara untuk mengatasi kesenjangan pembangunan didalam dan diantara Negara-negara Anggota ASEAN dalam rangka mewujudkan Komunitas ASEAN pada tahun 2015.

Sebagaimana diuraikan pada rencana kerja tahun 2009-2015, Initiative for ASEAN Integration (IAI) adalah alat untuk membantu kesenjangan pembangunan di ASEAN dengan membantu Anggota baru yaitu Negara Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam atau CLMV dalam melaksanakan komitmen mereka untuk membangun Komunitas ASEAN, memastikan bahwa manfaat dari integrasi ASEAN dibagi secara adil.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr Surin Pitsuwan, menekankan rasa urgensi dalam mencapai Komunitas ASEAN dalam waktu 2-3 tahun, dan rasa yang sama mendesak bagi negara-negara ASEAN untuk mewujud sebagai satu komunitas yang terintegrasi, membuat pelaksanaan IAI merupakan usaha yang penting.

Sekretaris Jenderal menambahkan bahwa ASEAN tidak mampu untuk memiliki dua layer ASEAN di jalan untuk membangun Komunitas ASEAN – sebuah komunitas yang dibangun di atas fondasi yang goyah.Dr Surin Pitsuwan menekankan pentingnya partisipasi semua pemangku kepentingan dalam proses terutama sektor swasta yang akan membawa sumber daya yang diperlukan untuk memacu investasi dan kegiatan ekonomi.

Dalam pidato kuncinya, Deputi Menteri Luar Negeri Myanmar, HE U Zin Yaw menyatakan, atas nama Negara CLMV, apresiasi kepada 6 negara ASEAN, dialog dan mitra pembangunan atas dukungan mereka untuk Kegiatan IAI. Ia menyampaikan dukungan sepenuhnya CLMV, untuk mencapai tujuan IAI dan diminta untuk melanjutkan dukungan dan transfer pengetahuan teknis untuk memastikan bahwa manfaat bagi CLMV yang berkelanjutan.

Status pelaksanaan Rencana Kerja IAI dan highlights dari pempublikasian yang ditugaskan oleh Sekretariat ASEAN, dalam mendefinisikan dan mengukur kesenjangan pembangunan ASEAN, kemudian disajikan untuk memberikan informasi yang tepat waktu dan relevan, untuk memandu para pemangku kepentingan IAI tentang bagaimana untuk melanjutkannya. Buku ini dijadwalkan akan diterbitkan pada tahun 2013.

Sesi utama Forum adalah sebuah karya prestasi di bawah IAI dan diskusi daerah yang memerlukan dukungan, disajikan oleh delegasi tingkat tinggi  dari Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam. Empat perwakilan negara berbagi sentimen umum, sementara mereka dikelompokkan bersama-sama, setiap negara memiliki kebutuhan spesifik mereka sendiri dan tingkat pembangunan.

Dengan demikian, untuk IAI menjadi efektif, hal itu juga harus mempertimbangkan kegiatan yang menargetkan CLMV, tidak hanya sebagai sebuah kelompok, tetapi juga secara individu di dalam bagian kelompok. Peningkatan dukungan untuk infrastruktur, terlepas dari dukungan pembangunan kapasitas yang juga biasa dimintakan. Perwakilan dari Mitra Dialog ASEAN dan badan-badan pembangunan memberikan informasi mengenai rencana kerja mereka sendiri dan melanjutkan komitmen untuk mendukung IAI mengikuti presentasi.

HE U Min Lwin, Wakil Tetap Myanmar untuk ASEAN dan Ketua Satuan Tugas IAI menyimpulkan Forum dengan seperangkat saran difokuskan pada prioritas kerja yang lebih baik dan mobilisasi sumber daya untuk bersama-sama dengan IAI CLMV, negara ASEAN lainnya (ASEAN-6), dan dialog dan mitra pembangunan. IDCF telah diselenggarakan pada tahun 2002, 2007, dan 2010, tahun 2012 merupakan pelaksanaan keempat IDCF.

 
( Oleh : Red NRMnews / Dwi Pravita )

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s