Beranda

“…KEMENPERA Gulirkan BANTUAN Hibah DANA Perumahan RAKYAT…”


“…Ilustrasi Kawasan Bantaran Kali…” Foto By : Red NRMnews

“…NRMnews - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menggulirkan Program Pemerintah pro Rakyat berupa Bantuan Hibah Dana Perumahan Rakyat untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah yang dinamakan “…Program Perumahan Swadaya…”.

Tujuan program ini adalah untuk mendorong masyarakat berpenghasilan rendah untuk mewujudkan rumah layak huni, dengan cara memperoleh “…Program Perumahan Swadaya…”.

Pemohon mengajukan Permohonan Bantuan secara tertulis melalui Unit Pengelola Kegiatan / Badan Keswadayaan Masyarakat (UPK/BKM) di desa setempat, dengan melampirkan Fotokopi KTP, Surat Keterangan atau Kepemilikan Tanah, Surat Keterangan Penghasilan dari tempat bekerja atau Kepala Desa, dan Surat Pernyataan Kesediaan mengikuti program.

Masyarakat yang dapat mengikuti program ini untuk membangun atau merenovasi rumahnya adalah mereka yang memiliki penghasilan kurang dari Rp 1,2 juta per bulan.

Bagi Masyarakat berpenghasilan rendah yang permohonannya disetujui, segera membentuk Kelompok Penerima Bantuan yang anggotanya terdiri dari 5 – 11 orang. Dan dengan dana bantuan yang dapat diambil melalui Bank BRI unit desa setempat, pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh Masyarakat secara berkelompok atau gotong royong didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat.

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mentargetkan penyaluran dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk sekitar 250.000 unit rumah, dapat selesai pada akhir bulan November ini. Total dana BSPS yang akan disalurkan Kemenpera untuk 250.000 unit rumah di seluruh Indonesia senilai Rp 1,6 Triliun.

Pada tahun 2012 ini telah masuk 322.740 proposal dari seluruh Indonesia. Setelah dilakukan verifikasi jumlah permohonan yang lolos sekitar 231.427 unit rumah. 30% yang tidak lolos dikarenakan rumah yang diusulkan masih layak huni, dan tidak memenuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Kemenpera. Selain itu, dari sisi administrasi setelah di cek alamat dengan KTP, banyak ditemui ketidaksesuaian.

( Oleh : Red NRMnews / Dwi Pravita )

19 replies »

  1. Di tempat domisili saya terdapat banyak sekali warga masyarakat yg tempat tinggalnya sangat memprihatinkan, tidak/kurang layak huni., termasuk rumah saya sendiri. Masih bisakah kami mendapatkan bantuan dana untuk pembangunan/renovasi rumah di desa kami, yaitu Desa Karihkil, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor, Jawa Barat?

  2. ditempat sya, banyak yang terdapat rumah yang tidak layak huni.. jangankan tidak layak huni.. yang belum punya rumah pun banyak.. lalu gimana solusinya? saya juga ketua UPK Kec. Sungai Aur Kab. Pasaman Barat – Sumbar.. gimana tahapan pengajuannya??

  3. Di Desa saya ada sekitar 8 rumah yang tak layak huni, apa lagi rumah saya sendiri, penghasilan saya cuma 200 rb perbulan dari suami,yang cuma kuli bangunan,dan ukuran rumah saya P:6dan L :4 tk ada jendelanya,saya tinggal di desa Kerekan Candirejo Borobudur Magelang Jawatengah

  4. ini menjadi ksmptan bagi para pejabat daerah dr tingkat rt-kep.desa untuk meraup uang/korupsi….buktinya cuma anggota2 kelurga para pejabat desa yn menikmati program ini…

  5. di kampung saya banyak masyarakat yang memiliki rumah tidak sesuai standar seperti tidak adanya wc
    bagai mana cara mendapatkan bantuan dana pembangunan supaya rumah saya jadi contoh rumah sehat

  6. baru saja saya memotret/mengambil foto rumah tidak layak huni, ada 25 rumah yang segera minta di tolong, ada yang rumahnya bersama ternak kerbau,ada yang rumahnya di buatkan masyarakat dll, jika berkenan kami minta contoh proposalnya diemail ke email kami ( taburmas337@yahoo.com) segera kami tindaklanjuti, alamat kami di Desa Amongrogo kecamatan Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah, jika dibutuhkan segera foto bisa kami kirimkan segera.saya tunggu informasi berikutnya.Terima Kasih.

  7. mhn lah berikan kejelasanya pak kemntrian perumahan rakyat.ada tdk di tmpt sy programnya.tptnya di kec.bangun purba kab.rokan hulu

  8. Cara mengajukan jika dari Desa Kami harus datang ke mana untuk mengajukan bantuan perumahan rakyat.tolong di jelaskan apakah Kamiharus berangkat ke Jakarta apa cukup ke kabupaten atau mengirim surat melalui kantor Pos.jika harus di kirimkan melalui kantor pos, maka alamat tujuannya tolong di tunjukkan

  9. di desa saya ada rumah yang sangat tidak layak pakai,saya mohon bantuan dari anda untuk bisa membantu kami.
    tempatnya dikota serang,nama desanya “ciwaru rt02/08″

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s