“…MENTERI Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, SAMPAIKAN Kebijakan PENYELENGGARAAN Pertahanan NEGARA Tahun 2013…”


"...Gedung Kementrian Pertahanan RI di Jakarta..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Gedung Kantor Kementrian Pertahanan RI di Jakarta…” Foto By : Red NRMnews.com

 

"...Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro…” Foto By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com - JAKARTA, Dalam rangka menyinergikan hubungan kelembagaan dan kinerja antara Kementerian Pertahanan sebagai perumus kebijakan dengan Mabes TNI / Angkatan sebagai pelaksana kebijakan, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menggelar rapat pimpinan kemhan tahun 2013 pada Rabu pagi (9/1/2013) di kantor Kemhan, Jakarta.

Rapim dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Erris Herryanto, S.IP. M.A. dan sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Tujuan Rapim adalah penyampaian kebijakan penyelenggaraan Pertahanan Negara TA. 2013 agar dapat dijadikan pedoman, dalam upaya penyelenggaraan pertahanan negara guna mewujudkan suatu sistem pertahanan negara, yang handal dan tangguh yang mampu menghadapi berbagai bentuk tantangan dan ancaman.

Rapim Kemhan mengangkat tema : “…Optimalisasi Kinerja Kementerian Pertahanan Melalui Sinergitas Postur Pertahanan Militer dan Nirmiliter dalam rangka Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Serta Menjaga Keselamatan Bangsa…”. Dalam sambutannya Menhan mengatakan, bahwa selama tiga tahun Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II periode 2010-2014 kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI tetap terjaga.

Hal tersebut mencerminkan bahwa penyelenggaraan pertahanan negara telah dilaksanakan dengan baik. Dan berdasarkan hasil tersebut selanjutnya akan menapak dua tahun kedepan dalam rangka menyelesaikan semua program nasional dari pemerintahan KIB II. Lebih lanjut Menhan mengatakan, dalam mengemban tugas pokok dan fungsi pertahanan tersebut, telah dilalui dengan berbagai ujian dalam menegakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Kemhan dan TNI akan terus mengawal pengembangan kemandirian dan kesejahteraan bangsa di tengah persaingan dengan bangsa-bangsa lain. Namun demikian, Menhan mengingatkan bahwa tantangan yang akan dihadapi kedepan bukan semakin ringan, tetapi justru semakin kompleks. Kemhan dan TNI telah melaksanakan program dan anggaran pada tahun 2012 dengan hasil yang memuaskan ditandai dengan serapan DIPA 2012 mencapai 96,7%.

Pada tahun 2013 ini, anggaran pertahanan semakin meningkat, untuk itu Menhan memberikan perhatian kepada jajaran Kemhan dan TNI untuk semakin fokus, cermat dan teliti, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan perwujudan transparansi, akuntabilitas dan tertib administrasi.

Sejalan dengan itu, Menhan menambahkan bahwa peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS juga menjadi perhatian pemerintah, yang terus diperjuangkan antara lain melalui peningkatan tunjangan, upaya pemberian tunjangan kinerja (remunerasi), peningkatan layanan kesehatan, penghargaan dan pemenuhan kebutuhan satuan-satuan operasi yang bertugas khususnya yang berada di perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar.

Sementara itu terkait dengan arah kebijakan pertahanan negara tahun 2013, Menhan menyampaikan meliputi: Pertama, merumuskan, menyelaraskan dan mengharmonisasikan produk-produk legislasi, regulasi dan produk strategis pertahanan negara guna mendukung terwujudnya pertahanan negara yang tangguh.

Kedua, mewujudkan dan menyinergikan peran kelembagaan di Lingkungan Kemhan dan TNI dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pertahanan negara. Ketiga, mengoptimalkan program dan penggunaan anggaran Kemhan TA 2013, serta meningkatkan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan SPI guna mewujudkan opini WTP.

Keempat, mendorong pengintegrasian postur pertahanan militer dan nirmiliter guna mewujudkan postur pertahanan negara yang tangguh. Kelima, meningkatkan kompetensi SDM melalui pendidikan dan latihan bidang pertahanan negara.

Keenam, meningkatkan kerjasama internasional serta partisipasi aktif dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB. Ketujuh, meningkatkan kesejahteraan personel TNI dan PNS dengan mengadakan pembangunan perumahan, pelayanan kesehatan, pencegahan penyakit HIV/AIDS, Narkoba, Nubika, dan kenaikan gaji dan tunjangan lainnya serta pembinaan personel.

Dalam rangka mengawali hasil Rapim Kemhan untuk dipedomani dan dilaksanakan, lebih lanjut Menhan juga memberikan tiga penekanan kepada jajaran Kemhan dan TNI, meliputi :Pertama, Implementasikan percepatan reformasi birokrasi di lingkungan Kemhan/TNI sesuai dengan Permen PAN dan RB No.20 tahun 2010 tentang roadmap reformasi birokrasi tahun 2010 termasuk melakukan penetapan indikator kinerja, yang pelaksanaanya disesuaikan dengan peran, tugas dan fungsi masing-masing.

Kedua, upayakan secara maksimal, cermat dan seksama terlaksananya butir-butir dalam sasaran kebijakan pertahanan negara tahun 2013. Ketiga, tingkatkan pengawasan secara efektif guna tercapainya transparansi dan akuntabilitas program dan anggaran serta perbaikan sistem pelaporan pertanggungjawaban keuangan Kemhan/TNI TA 2013.

 
( Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita )

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s