Beranda

“…Peternakan SAPI Tapos BOGOR Jadi TARGET Tempat PEMBIBITAN Sapi, Hadapi KELANGKAAN Daging SAPI…”


"...Ilustrasi Peternakan Sapi..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Peternakan Sapi Tapos, Bogor…” Foto By : Red NRMnews.com

 

"...Peternakan Sapi..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Peternakan Sapi Tapos, Bogor…” Foto By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – BOGOR, Peternakan Sapi Tapos, yang terletak di Bogor, Jawa Barat ditargetkan menjadi salah satu tempat pembibitan sapi yang hasilnya kelak bisa didistribusikan ke daerah-daerah.

Hal ini sangat relevan menghadapi kelangkaan daging sapi di penghujung tahun 2012 lalu, padahal pemerintah menargetkan swasembada daging di Tahun 2014.

Peternakan sapi Tapos memang digagas menjadi industri peternakan sapi modern di Indonesia. Tapos berada di dua wilayah yang dimiliki PT Rejosari Bumi.

Lokasi peternakan Sapi Tapos tersebut, terletak di Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi dan satunya lagi di Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Bogor. Masing-masing memiliki luas sekitar 650 hektar dan digarap mulai Tahun 1971, tiga tahun setelah HM.Soeharto dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia yang Kedua.

Visi pendirian Tapos pada saat itu adalah untuk membangun peternakan yang mandiri, dalam rangka membantu pemerintah dalam pengembangan ternak besar. Di areal ini dikembangbiakkan sapi potong dan sapi perah, mulai dari pembibitan hingga penggemukan sapi, dengan teknologi modern untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri sekaligus meningkatkan kualitas, pengembangan teknologi dan SDM.

Dalam perjalanan waktu, Peternakan Tapos mampu mengembangkan teknologi peternakan aplikatif diantaranya pengembangan bibit sapi brangus. Pengembangbiakan sapi dilakukan dengan cara kawin suntik. Sapi Brangus merupakan hasil perkawinan antara Sapi Brahman dan Sapi Engges. Sapi Brangus berkulit hitam dan badannya besar.

Di Tapos juga dilakukan pengembangan embrio transfer dan pembudidayaan beberapa jenis sapi perah yang unggul. Pengembangan Teknologi yang dikuasai dan teknik budidaya ternak besar khususnya sapi telah ditransfer ke banyak kelompok tani dari daerah lain yang secara khusus ditraining di tapos sehingga kemampuan beternak sapi berkualitas lebih cepat meningkat sehingga ikut berperan serta dalam rangka mendukung swasembada daging.

Tahun 2007 bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Peternakan Sapi Tapos mengembangkan pembibitan 2500 ekor sapi dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap sapi impor. Peternakan Tapos dipilih karena telah memiliki infrastruktur, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pembibitan ternak sapi, termasuk tenaga ahlinya.

Dalam pengembangan selanjutnya di masa depan, PT Rejosari bumi sebagai pengelola Tapos, juga turut berencana akan melakukan pengolahan hasil susu, menjadi produk olahan dan produksi ethanol dari shorgum yang bersinergi dengan peternakan sapi.

Tapos menjadi proyek kebanggaan Presiden RI Kedua HM. Soeharto, para tamu negara, yang datang dari luar negeri dan cukup dekat hubungan personalnya, akan dibawanya ke Tapos. Pak Harto memperkenalkan sapi-sapi, kambing-kambing, serta rumput gajah kepada mereka.

Begitu pula, bila ia ingin berbicara tentang masalah negara yang sangat serius dan di luar protokoler, Presiden RI Kedua HM.Soeharto tersebut, sering mempergunakan Tapos sebagai tempat pembicaraan dengan suasana yang lebih santai tentunya.

Patut diakui bahwa memang, banyak program-program pada masa pemerintahan Pak Harto, yang difokuskan pada bidang pertanian, tidak melulu beras, mulai pengembangan peternakan, perikanan, perkebunan, bahkan sampai kehutanan dengan program Pekan Penghijauannya. Hingga menjelang akhir hayatnya pun kepada Presiden RI saat itu, Pak Harto berpesan agar tidak melupakan ” Swasembada Pangan “.

 
( Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita )

8 replies »

  1. Bagi rekan2 yg Membutuhkan Onggok Singkong utk Pakan Ternak
    http://www.tapiokaindonesia.blogspot.com
    Menjual Onggok :
    Kualitas SUPER B
    Warna bagus kekuning2an
    Kadar Air dibawah 18%
    Stock sampai 200 Ton/2 Minggu
    Harga Rp.1200/Kg Frangko Jabodetabek
    Agus – 081384785267
    email : tapiokaspm@gmail.com
    BBM 219639F0
    Trimakasih

    Sedia ONGGOK/Gamblong pakan ternak
    Kualitas SUPER B
    Kadar Air 15-18%
    (Kering)
    Harga April 2013 Rp.1200/kg (Jabodetabek)
    Warna Bagus
    Stock sampai 500
    Ton/bulan
    Telp : 0813 8478 5267
    BBM : 219639F0

  2. Program yg luar biasa. Apakah boleh peTernak sapi ∂a̲̅яi daerah mengunjungi peternakan Tapos? Dan apakah ϐ ΐ ƨ̃ ά peternak ∂a̲̅яi daerah bekerjasama untuk mendapatkan. Bibit sapi unggul yg dikembangkan di Tapos untuk dibesarkan oleh peternak daerah? Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s