“…Negara WAJIB Memelihara LANSIA Terlantar…”


"...Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Jufri..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Jufri…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – MAKASSAR, Saat ini terdapat sekitar 2,8 juta orang lanjut usia yang masih terlantar di Indonesia. Perawatan kepada mereka ini menurut Salim tentunya menjadi kewajiban negara. Hal ini disampaikan Menteri Sosial H Salim Segaf Al Jufri di sela-sela kunjungan kerjanya di Makassar, Selasa (26/03/13). “Lansia adalah salah satu dari kelompok penyandang masalah kesejahteraan rakyat (PMKS) dan saat ini totalnya sekitar 20 juta orang Lansia,” kata Salim.

Dari total Lansia yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia itu, tercatat sebanyak 58 persen masih potensial. Sebab, mereka masih bisa diberdayakan ataupun mengurus dirinya. Namun Salim prihatin bahwa dari jumlah tersebut masih ada pula lansia yang terlantar, sebab tidak memiliki tempat tinggal dan tak ada yang memelihara. “Karena itu, untuk mengurus dan menangani masalah PMKS dibutuhkan kolaborasi, kerja sama, dan koordinasi antara pusat dan daerah,” katanya.

Selain itu, Salim berharap masyarakat pun bisa proaktif dalam membantu mencari solusi dari masalah PMKS ini. Salim juga menggarisbawahi perlunya dukungan SDM dan pekerja sosial (Peksos) yang profesional ke depan. Sebab saat ini tenaga Peksos yang dimiliki jajaran Kemensos masih sangat terbatas yakni sekitar 15 ribu orang. Padahal setidaknya dibutuhkan 155 ribu Peksos yang terlatih dan profesional untuk penanganan PMKS di lapangan.

Oleh karena itu, Salim berharap mereka yang sudah mengecap pendidikan jurusan penanganan bencana alam atau bencana sosial bisa ikut memberi sumbangsihnya. Apalagi kini sudah terdapat 37 perguruan tinggi di Indonesia yang sudah membuka jurusan itu. Sedang program master (S2) empat perguruan tinggi dan S3 dua perguruan tinggi yakni UGM dan UI, tuturnya.

 
( Oleh : NRMnews.com / Eka Santhika )

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s