“…Menteri BUMN Dahlan ISKAN Gelar PERTEMUAN Akbar Direksi BUMN…”


"...Meneg BUMN Dahlan Iskan..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Meneg BUMN Dahlan Iskan…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.comMenteri BUMN Dahlan Iskan menggelar acara “Pertemuan Akbar BUMN 2013″, Minggu (19/05/2013), di Kantor Pusat Pertamina. Dalam acara yang diikuti hampir sekitar 1.000 orang peserta itu, Dahlan mengumpulkan direksi dan komisaris dari 143 BUMN. Dalam acara ini juga dibahas soal tenaga kerja alih daya (outsourcing), pengalihan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL), kewajiban direksi mengajar langsung jenjang SD-SMU, dan penyerahan penghargaan bagi BUMN yang mampu memperbaiki kinerja operasional.

Dalam acara tersebut, Dahlan meminta BUMN yang menjalankan PKBL agar menyerahkannya kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sehingga BUMN lebih fokus pada pekerjaan inti. “…Pertamina, PGN, Telkom dan BUMN lainnya mengurusi soal pemberian kredit kepada UKM sebagai mitra binaan, tapi sudah seharusnya lebih fokus pada core business, ujar Dahlan. Dahlan juga meminta seluruh BUMN lebih membenahi sistem tenaga kerja alih daya. Salah satu syaratnya, perusahaan pemasoknya harus memiliki sistem penggajian di atas Upah Minimum Propinsi (UMP).

Selain itu, perusahaan outsourcing tersebut harus memiliki sistem rekrutmen jenjang karier, dan melakukan rekrutmen untuk minimal 5 tahun kontrak. “Jika ada perusahaan outsourcing yang tidak memenuhi syarat tersebut sebaiknya langsung ditolak oleh BUMN,” ujar Dahlan. Dahlan meminta agar para pekerja alih daya tersebut minimal bergaji 10 persen di atas UMP. “Tapi kalau ada BUMN yang tidak sanggup menyelesaikan masalah outsourcing, ya sebaiknya direksinya mundur saja,” tegas Dahlan.

Sementara terkait program Direksi BUMN Mengajar di SMA , Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan program ini adalah untuk memberikan inspirasi. “Bukan memberi khutbah atau mempresentasikan thesis, tetapi memberi motivasi,” katanya didampingi Rektor Universitas Paramida Prof.Anis Baswedan. Menurut Dahlan, direksi BUMN diwajibkan mengajar di SMA tempat dia sekolah dulu sebagai bagian dari gerakan Indonesia Mengajar. Sebanyak 700 Direksi BUMN dikerahkan untuk mengajar ke seluruh pelosok Indonesia.

Anis sendiri merupakan penggagas Gerakan Indonesia Mengajar. Indonesia mengajar adalah gerakan untuk mengajak dan merekrut putra-putri terbaik negeri ini, para calon pemimpin di segala bidang, untuk mengabdikan satu tahun masa mudanya dengan mengajar di sebuah Sekolah Dasar di desa terpencil dan tertinggal di pelosok Nusantara.

Anis Baswedan mengatakan bahwa program mengajar para direksi ini bukan untuk mengajar matematika atau IPA, tapi memberikan motivasi agar siswa-siswa bisa mempunyai harapan dan cita-cita tinggi. “Yang hilang di kelas sekarang adalah inspirasi. Jadi sampaikanlah motivasi supaya siswa bisa bermimpi dan mengejar impiannya,” kata Anis. Anis mengatakan siswa harus dimotivasi bercita-cita tinggi, jangan hanya jadi Satpol PP atau sopir taksi karena gagah berseragam.

 
( Oleh : NRMnews.com / Eka Santhika – Editor : A.Dody.R )

About these ads

Satu gagasan untuk ““…Menteri BUMN Dahlan ISKAN Gelar PERTEMUAN Akbar Direksi BUMN…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s