Beranda

“…Propinsi DI Yogyakarta dengan Predikat Tata Kelola Pemerintah Terbaik se-Indonesia…”


"...Daerah sekitar Tugu Jogyakarta, Berhasil di Rebut dan di Kuasai Kembali Oleh Pihak TNI dan Rakyat Yogya, pada Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Tugu Monument Perjuangan Rakyat Jogyakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Partnership Governance Index (PGI) menempatkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah dengan tata kelola pemerintah terbaik se-Indonesia tahun 2011. Peringkat ini diperoleh DIY dengan indeks 6,8 berdasarkan hasil survey yang dilakukan lembaga tersebut.

Posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Timur dengan indeks 6,42. Serta pemerintah Provinsi DKI Jakarta berada pada peringkat ketiga dengan indeks 6,33. PGI melakukan pemeringkatan Tata Kelola Pemerintah Provinsi di Indonesia, yang kemudian dituangkan dalam indeks Tata Kelola Pemerintahan Indonesia atau Indonesia Governance Index (IGI).

Peneliti PGI Provinsi DKI Jakarta Herry Yogaswara, Kamis (13/06/2013), mengatakan IGI merupakan model pengukuran kinerja tata kelola pemerintahan provinsi yang paling komprehensif. Penilaian IGI dilakukan terhadap empat sektor, antara lain pemerintah, birokrasi, masyarakat ekonomi dan masyarakat sipil.

“…Keempat sektor tersebut dinilai berdasarkan prinsip-prinsip good governance, seperti partisipasi, akuntabilitas, keadilan, transparansi, efisiensi dan efektifitas…”, kata Herry di Balai Kota, Jakarta Pusat. Menurut Herry, dalam menyusun IGI, pihaknya menerjunkan sejumlah peneliti ke 33 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke.

“…Para peneliti mengumpulkan dan menganalisa sejumlah data terkait dengan tata kelola pemerintahan, seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Peraturan Daerah (Perda), statistik, laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan lain-lain,” ujarnya.

Disamping itu, katanya, para peneliti juga mewawancarai beberapa narasumber yang dianggap kompeten dalam mewakili pemerintah, birokrat, pengusaha serta masyarakat sipil. Sebelumnya, PGI sempat melaksanakan survey serupa pada tahun 2008. Waktu itu, Provinsi DKI Jakarta menempati peringkat pertama dengan indeks 6,5, ungkap Herry.

 
( Oleh : Red NRMnews.com / Eka Santhika – Editor : A.Dody.R )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s