Beranda

“…Kasih ALLAH Kepada YUNUS…”


“…Ilustrasi Nabi YUNUS saat Keluar dari Perut Ikan…”

“…NRMnews.com – Pada suatu ketika datanglah firman Tuhan kepada Yunus bin Amitai, hamba-NYA yang saleh, dan demikianlah firman itu :“…Bangunlah dan pergilah ke Niniwe kota yang besar itu, lalu berserulah terhadap mereka (penduduknya), karena kejahatannya telah sampai kepada-KU…” Demikian firman Tuhan kepada Yunus.

Namun kemudian Yunus malah bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, dan jauh dari hadapan Tuhan. Ia lantas pergi ke Yafo dan mendapatkan di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis.

Ia pun membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama mereka ke Tarsis, menjauh dari hadapan Tuhan Allah.

Tetapi kemudian Tuhan pun menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar sehingga kapal itu pun hampir-hampir terpukul hancur. Segenap awak kapal pun menjadi sangat takut, dan masing-masing pun berteriak-teriak kepada allahnya.

Lalu mereka pun membuang ke dalam laut segala muatan isi kapal itu, untuk meringankannya. Tetapi ternyata Yunus pun telah turun ke dalam ruangan kapal yang paling bawah, dan Ia pun berbaring di situ, lalu tertidur nyenyak. Namun tiba-tiba datanglah Nakhoda mendapatkannya sambil berkata :

“…Bagaimana mungkin engkau dapat tertidur begitu nyenyak…? Bangunlah dan berserulah kepada Allah Mu…barangkali Allah itu, akan mengindahkan kita, sehingga kita tidak binasa…”. Lalu berkatalah mereka satu sama lain (sesama penumpang kapal itu) katanya : “…Marilah kita membuang undi, supaya kita mengetahui karena siapa, kita ditimpa malapetaka ini…”.

“…Ilustrasi Nabi Yunus, ketika Hendak ditelan Ikan Besar…”

Mereka pun kemudian membuang undi, dan ternyata Yunuslah yang kena undi. Kemudian berkatalah mereka kepadanya, “…Beritahukanlah kepada kami, karena siapa kita ditimpa oleh malapetaka ini. Apa pekerjaan Mu dan dari mana engkau datang…? Apa negeri Mu, dan dari bangsa manakah engkau…?

Dan sahut Yunus kepada mereka, “…Aku orang Ibrani dan aku takut akan Tuhan Allah, yang empunya langit, yang telah menjadikan lautan dan daratan…”

Lantas orang-orang itu pun menjadi sangat takut, lalu berkata kepadanya : Apa yang telah kau perbuat…?. Sebab sebenarnya orang-orang itu pun mengetahui, bahwa Ia (Yunus) telah melarikan diri, jauh dari hadapan Allah Tuhan.

Dan hal itu pun telah di beritahukannya (oleh Yunus sendiri) kepada mereka. Lalu bertanyalah mereka : “…Akan tetapi, akan kami apakan engkau, supaya laut menjadi reda, dan tidak menyerang kami lagi…? sebab laut semakin mengelora…”. Sahut Yunus kepada mereka :“…Angkatlah aku, dan campakanlah aku ke dalam laut, maka laut akan reda, dan tak akan menyerang kamu lagi…”

Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu…”. Lalu mendayunglah orang-orang itu dengan sekuat tenaga, untuk membawa kapal itu kembali ke darat. Namun ternyata mereka pun tidaklah sanggup, sebab laut pun semakin bergelora menyerang mereka. Lalu berserulah mereka kepada Tuhan Allah, katanya :

“…Ilustrasi Kemunculan Ikan Paus yang Hendak Menelan Yunus…”

“…Yaa Tuhan, janganlah kiranya Engkau tanggungkan kepada kami darah orang-orang yang tidak bersalah ini, sebab Engkau, Tuhan, telah berbuat seperti apa yang Kau telah kehendaki…”

Kemudian mereka pun mengangkat Yunus, lalu mencampakkannya ke dalam laut, dan laut pun berhenti mengamuk.

Orang-orang itu pun kemudian menjadi kian takut kepada Tuhan, lalu mempersembahkan kurban sembelihan kepada Tuhan, serta mengikrarkan nazar…”.

Maka atas perkenanan/penentuan Tuhan, tiba-tiba datanglah seekor ikan besar (Ikan Paus) yang menelan Yunus. Dan Yunus pun tinggal didalam perut ikan besar itu, 3 hari 3 malam lamanya…”

Lalu bertaubat dan berdoalah Yunus selama hidup didalam perut ikan besar itu, dengan penuh penyesalan serta kepasrahan, atas segala kehendak Allah Tuhan terhadapnya.

Dan pada hari ke 3 (Tiga), maka berfirmanlah Allah Tuhan kepada ikan besar itu. Lalu ikan besar itu pun kemudian memuntahkan Yunus ke daratan. Demikianlah sepenggal kisah perjalanan Nabi Yunus, hamba Allah yang sangat dikasihi-NYA, seperti tertulis lengkap, didalam Alkitab-NYA pada surat Yunus 1 : 1 – 17 dan surat Yunus 2 : 10…” Salam Damai Sejahtera bagi Mu, dan semoga Tuhan senantiasa Memberkati…Amien.

 
( Oleh : Red NRMnews.com / A.Dody.R )

Kategori:Beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s