Beranda

“…Modernisator SPEAKERS’ Forum 16 – On INDONESIAN Diaspora : GERAKAN Generasi MUDA Indonesia ABAD 21, yang NASIONALIS dan BERPRESTASI…”


"...Ilustrasi Pemuda - Pemudi Indonesia..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Pemuda – Pemudi Indonesia Cinta Tanah Air…” Foto By : Red NRMnews.com

 

"...Dubes RI untuk  AS, Dino Patti Djalal..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Dubes RI untuk AS, Dino Patti Djalal…” Foto By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Modernisator adalah gerakan generasi muda Indonesia abad ke-21 yang nasionalis, internasionalis, idealis, modern, inovatif, dan berprestasi.

Modernisator dibentuk tahun 2008, bersamaan dengan 100 tahun kebangkitan nasional. Diharapkan agar Modernisator dapat menjadi salah satu ” Budi Oetomo abad ke-21 “ yang ingin turut menemukan suara generasi muda Indonesia dalam konteks abad ke-21.

Modernisator Speakers’ Forum adalah rangkaian forum yang memberikan wahana bagi para ahli untuk menyampaikan beragam ulasan masalah terkini. Berbagai tema menarik yang telah dilaksanakan diantaranya :

Reposisi Asia di Kawasan Global, Pengembangan Kesehatan Indonesia, Indonesia and the Role of Emerging Democracies as Global Leaders dll. Keberadaan diaspora merupakan sebuah fenomena luar biasa dalam konteks ekonomi dan sosio-politik sebuah peradaban di abad ke-21.

Dalam konteks tersebut, lebih dari 2000 diaspora Indonesia untuk pertama kalinya bertemu dan berinteraksi dalam Kongres Diaspora Indonesia (KDI) I di Los Angeles, Amerika Serikat, 6-8 Juli 2012. Sebagai bagian dari mengenal dan membahas lebih jauh diaspora Indonesia tersebut, Modernisator bekerjasama dengan ICWA baru-baru ini, telah menyelenggarakan Modernisator Speaker’s Forum 16 on Indonesian Diaspora.

Acara tersebut digelar pada tanggal 28 Februari 2013 lalu, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jl MH Thamrin No.1, Jakarta mulai pukul 18.00 Wib-selesai. Acara ini dihadiri oleh kalangan bisnis, wakil pemerintah, komunitas diplomatik, pengkaji dan pemerhati serta perwakilan diaspora Indonesia dari berbagai wilayah dunia yang datang di Jakarta.

Tampil sebagai pembicara dalam forum tersebut adalah Dubes RI untuk Amerika Serikat Dr. Dino Patti Djalal, yang merupakan salah satu dari jajaran pendiri Modenisator, sekaligus sebagai penggagas pembentukan diaspora serta Kongres Diaspora Indonesia (KDI).

Pada kesempatan tersebut Dubes Dino Pati Jalal turut pula mengupas tema dari acara forum tersebut yaitu : “…A New Force Whose Time Has Come: Finding, Understanding and Engaging Indonesian Diasporas Worldwide / Mengenal, Memahami dan Merangkul Jutaan Diaspora Indonesia di Seluruh Dunia….”.

Sebagaimana disampaikan Dubes Dr Dino Patti Djalal, pengertian “diaspora” merujuk pada semua orang di luar negeri yang berdarah, berjiwa dan berbudaya Indonesia, baik yang masih WNI maupun yang sudah menjadi WNA. Kongres Diaspora Indonesia (KDI) Pertama di Los Angeles, 6-8 Juli 2012, menghasilkan Deklarasi Diaspora serta berbagai rekomendasi konkrit bagi kemajuan diaspora ke depan.

Salah satunya adalah pembentukan Indonesian Diaspora Network (IDN) di berbagai wilayah di luar negeri. Dalam jejaring diaspora, juga terdapat Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) yang berupaya untuk merangkai, menyatukan potensi dan sumber daya bisnis diaspora Indonesia.

Selain IDBC juga terdapat Indonesian Diaspora Foundation (IDF) yang bergerak di bidang sosial-kemanusiaan, Indonesian Diaspora Network Brain Bank (IDN-BB) yang memfokuskan pada data base jejaring diaspora, serta berbagai kelompok kerja (Task Force) yang isu-isu sektoral konkrit. Modernisator Speaker Forum kali ini, juga turut mengupas tentang keberadaan diaspora Indonesia tersebut, sebagai fenomena luar biasa dalam konteks social-ekonomi dan politik.

Keberadaan diaspora yang belum digali lebih lanjut, adalah terkait mengenai apa dan bagaimana diaspora Indonesia, dan apa kontribusinya dalam pembangunan nasional, bagaimana menyikapinya dan kebijakan seperti apa yang perlu diberikan, untuk menampung potensi dan eksistensi diaspora, akan menjadi bagian penting dari pertanyaan yang akan dibahas pada acara ini.

 
( Oleh : Red NRMnews.com / A.Dody.R )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s