Beranda

“…MUSEUM Mantan PRESIDEN Soeharto di RESMIKAN di Bantul YOGYAKARTA…”


"...Museum Mantan Presiden II Republik Indonesia, HM Soeharto, di Dalem Kalitan Yogyakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Museum Mantan Presiden II Republik Indonesia, HM Soeharto, di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

 

"...Pameran Pak Harto dalam Persahabatan Antar Bangsa, yang Berlangsung di Museum Purna Bhakti Pertiwi Jakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Pameran Pak Harto dalam Persahabatan Antar Bangsa, yang Berlangsung di Museum Purna Bhakti Pertiwi Jakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – BANTUL, Bertepatan dengan hari kelahiran mantan Presiden Soeharto, yang jatuh pada tanggal 8 Juni, maka pada hari Sabtu (08/06/2013), telah digelar acara peresmian Museum Memorial Almarhum Mantan Presiden RI, Bapak Soeharto.

Museum yang berada di tanah kelahiran Jenderal Besar tersebut dibangun oleh Probosutedjo, adik dari Bapak H.M. Soeharto, dan berlokasi di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Bangunan Museum tersebut, berdiri di atas tanah seluas 3.620 meter persegi dan terdiri atas bangunan joglo seluas 600 meter persegi, rumah Notosudiro –eyang buyut Soeharto– seluas 475 meter persegi, rumah Admosudiro –eyang HM Soeharto– 250 meter persegi dan tempat Soeharto dilahirkan seluas 63 meter persegi.

Terdapat sumur tempat Soeharto pertama kali dimandikan, disitu pula berdiri patung Soeharto dengan bahan tembaga. Acara berlangsung khidmat, doa peresmian dipimpin oleh mantan Menag Maftuh Basyuni yang sekaligus mengingatkan bahwa Soeharto juga telah berjasa kepada bangsa ini meskipun juga memiliki kesalahan.

Peresmian memorial Soeharto ini, dihadiri putra dan putri Soeharto, di antaranya adalah Ny. Siti Hardiyanti Rukaman, Titiek Soeharto dan Hutomo Mandala Putra, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, mantan KSAD Soebagyo, Ny.Umar Wirahadikusumah, pejabat di Pemerintah DIY serta pejabat Keraton Yogyakarta.

Museum ini dibangun untuk mengenang kisah kehidupan sang Presiden republik ini, yang pernah mendapat gelar sebagai Bapak Pembangunan Nasional, di museum ini juga dipamerkan berbagai penghargaan, prestasi dan keberhasilan yang telah diraih Soeharto dalam perjuangannya untuk bangsa Indonesia.

Masyarakat dari berbagai daerah pun, turut hadir mengenang Presiden Republik Indonesia yang kedua tersebut, sekaligus memperingati 92 tahun usia Bapak H.M. Soeharto. Mereka pun mengadakan tahlilan besar-besaran di kawasan makamnya Astana Giri Bangun dan Griya Kalitan Surakarta.

“…Memorial ini dibuat bukan untuk mengkultuskan Soeharto, namun untuk mengenang jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara Republik Indonesia sebagai pelajaran dan sumber inspirasi bagi generasi muda…”, kata Aryo Winoto, keponakan Soeharto.

 
(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s