Beranda

“…Lestarikan Bahasa Daerah, Budayawan Bogor Inisiasi Gerakan Rebo Nyunda…”


"...Penonton Dapat Beramai-ramai Ikut Serta Menari Bersama..." Foto By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Budaya Sunda…” Foto By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – BOGOR, Puluhan Seniman dan Budayawan Sunda mendatangi Balaikota Bogor membawa aspirasi program Rebo Nyunda. Dengan menggunakan baju kampret dan celana pangsi serta totopong, mereka membentangkan kain putih sepanjang 30 meter yang telah ditandatangani masyarakat Bogor sebagai dukungan di pelataran Balaikota, Rabu, (07/05/2014).

Sejak dideklarasikannya gerakan Rebo Nyunda, pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Jum’at 2 Mei lalu, telah terkumpul lebih dari 500 tandatangan warga Kota Bogor yang mendukung gerakan menggunakan bahasa Sunda dan berpakaian Sunda di hari Rabu tersebut, Koordinator Budayawan dan Seniman Cecep Thoriq menegaskan, Pemerintah Bogor berkewajiban melestarikan dan mengembangkan seni budaya Sunda agar tidak dilupakan dan ditinggalkan generasi penerus.

Kecendurangan memudarnya semangat menggunakan kesenian Sunda sudah terlihat dari jarangnya masyarakat menggunakan Bahasa Sunda dalam pergaulan sehari–hari. Dengan agenda Rebo Nyunda, Pemkot Bogor bisa melakukan pendekatan dari dunia pendidikan dan kebudayaan serta pariwisata untuk dapat dilestarikan.

Walikota Bogor Usmar Hariman mengaku bangga dan senang dengan upaya yang dilakukan seniman dan budayawan dalam upaya dan semangat mempertahankan jati diri tatar pasundan sehingga Pemkot Bogor akan lebih bersinergi dengan unsur masyarakat dalam mengedepankan kearifan lokal pada setiap kegiatan dan pembangunan setempat.

Mengenai kegiatan Pasang Giri Mojang dan Jajaka (Moka), Tjetjep berharap kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dsbudpar) Kota Bogor agar membuat persyaratan, bisa berbahasa sunda untuk peserta Mojang dan Jajaka (Moka) tahun 2014. “Namanya saja mojang dan jajaka, masa tidak bisa berbahasa Sunda,” tukasnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s