Beranda

“…Pendidikan Tinggi Harus Perkuat Kompetensi Kerja…”


"...Ilustrasi Aktifitas Pendidikan Mahasiswa Perguruan Tinggi..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Aktifitas Pendidikan Mahasiswa Perguruan Tinggi…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – Surakarta, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi Illah Salahudin menyatakan Basis Kurikulum Pendidikan Tinggi berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tidak lagi input tetapi harus outcome, sehingga Dosen melalui Penelitiannya tahu perkembangan ilmu dalam 10 tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan   kepada wartawan usai menjadi narasumber  pada Lokakarya Nasional Program Studi Kelompok Ilmu Pertanian dan Pralokanas Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian se Indonesia yang berlangsung  di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (09/05/2015).

Capaian pembelajaran di Perguruan Tinggi bukan hanya  mengikuti Perkembangan Ilmu tetapi juga harus mengikuti Perkembangan Kebutuhan Dunia Kerja. Untuk itu, cara menyusun kurikulum juga harus berubah termasuk pada Program Studi di Fakultas Pertanian. Menurut Illah,  kurikulum ilmu pertanian juga harus disesuaikan dengan penanganan  Indonesia dengan kekayaan alamnya.

“…Jadi pertanian ke depan, kita harus melihat, Indonesia khan kaya raya, mau dijadikan seperti apa, apakah mau dijadikan sebagai lahan yang dijual, hanya mentahannya, apakah  kita  akan menentukan posisi bahwa kita unggul dalam pembenihan. Maka itulah yang harus kita rumuskan, kalo seperti itu maka kuatkan kita ini di kompetensi-kompetensi diminta 5-10 tahun ke depan. Jadi kurikulumnya harus berbasis pada apa yang learning outcome…”, jelasnya.

Sebelum kurikulum direalisasikan, lanjut Illah, pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri LAM pada Pendidikan Tinggi Pertanian harus dicapai terlebih dahulu. Lokakarya ingin mewujudkan Lembaga Akreditasi Mandiri, untuk menghasilkan lulusan yang handal di Program Studi masing-masing. Melalui  Akreditasi, diharapkan terjadi peningkatan kualitas yang mampu bersaing di tingkat nasional, serta siap mewujudkan swasembada pangan.

(Oleh :Red NRMnews.com /Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s