Beranda

“…Indonesia Meregister Arsip KAA, Sebagai Memory Of The World…”


"...Ruang Sidang Museum Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka Bandung..."  Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ruang Sidang Museum Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka Bandung…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Arsip Konferensi Asia Afrika (KAA) telah dimasukan dalam register Memory of the World (MOW) oleh UNESCO.

Indonesia mengusulkan arsip KAA untuk diregistrasi sebagai MOW sejak tahun 2012, dan pada 6 Oktober 2015 resmi menjadi Memory of the World.

“…KAA yang menghasilkan deklarasi Dasa Sila Bandung merupakan peristiwa internasional yang sangat penting, yang terjadi pada 18-24 April 1955…”.

Demikian dikatakan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan, di Jakarta, Rabu (21/10/2015). Menurut Mustari Irawan, KAA yang diikuti oleh 200 delegasi dari 29 negara Asia dan Afrika adalah peristiwa besar yang menjadi memori bersama, tidak hanya bagi negara-negara peserta tetapi juga menjadi memori dunia.

Setelah arsip KAA, ANRI bekerjasama dengan Arsip Nasional Serbia mendaftarkan Arsip Gerakan Non Blok untuk dimasukan dan MOW. Sementara itu, Gedung Arsip Republik Indonesia yang berada di Jalan Gajah Mada nomor 111 Jakarta, bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta akan menjadi salah satu objek wisata.

Selain sebagai objek wisata di lokasi gedung yang bersejarah ini juga dibangun arsip Kepresidenan Repbulik Indonesia, mulai dari Presiden Pertama Soekarno hingga saat ini.

( Oleh : Red. NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R. )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s