Beranda

“… Ratusan Museum Belum Terevitalisasi…”


"....Ilustrasi Revitalisasi Museum..." Photo By : Red NRMnews.com

“….Ilustrasi Revitalisasi Museum…” Photo By : Red NRMnews.com

“… NRMnews.com – DENPASAR, Sejak tahun 2011 hingga pertengahan triwulan kedua tahun 2016, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setidaknya telah merevitalisasi 180-an museum yang ada di Indonesia. Angka itu masih jauh dari kata memuaskan, karena sampai saat ini masih ada 280-an museum di Indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah belum terjamah.

“Kita terus dorong upaya revitalisasi ini. Bahkan dari tahun 2011 sudah kita lakukan terus revitalisasi itu,” ungkap Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Harry Widianto, Senin (30/5/2016).

Ia tak memungkiri, dalam mewujudkan ambisi itu, pihaknya menemui beberapa kendala krusial, diantaranya soal anggaran yang sifatnya fluktuatif sesuai dengan kebijakan keuangan dalam negeri yang diterapkan pemerintah.

Padahal berbicara anggaran, proses revitalisasi untuk 1 museum itu memerlukan dana Rp 3 milliar, yang mencakup 6 aspek meliputi fisik, koleksi, Sumber Daya Manusia, Pencitraan, Jejaring dan Manajemen.

“Jujur dana kita berfluktuasi, tapi tetap kita upayakan proses revitalisasi itu. Revitalisasi kita anggarkan Rp 3 milliar untuk 1 museum. Harapannya yang sebelumnya katageri C bisa naik tingkatlah ke kategori B, jadi masyarakat juga akan lebih tertarik untuk datang ke museum,” ungkap Harry.

(Oleh : Red NRMnews.com /Lola C. – Editor :A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s