Beranda

“…Menlu : Pemerintah Akan Pulangkan Calon Jemaah Haji yang Tertahan di Filipina…”


"...Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – Yogyakarta, Sebanyak 177 calon haji asal Indonesia yang ditahan di Filipina diusahakan untuk segera dipulangkan ke tanah air oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Ratusan jemaah ini ditahan lantaran menggunakan paspor palsu untuk naik haji. “Kami upayakan saudara kita itu bisa kembali ke Indonesia dalam waktu secepatnya,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi seusai membuka Dialog Indonesia-Australia III di Yogyakarta, Selasa (30/8/2016).

Menurut Retno, berdasarkan informasi dari perwakilan otoritas Indonesia yang berada di Manila, Filipina pendalaman informasi terhadap 177 WNI masih dilakukan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila. “Sampai tadi malam teman yang ada di Filipina melaporkan bahwa pendalaman informasi masih dilakukan,” kata dia. Oleh sebab itu, meski prinsip percepatan pemulangan terus dilakukan, waktu pemulangan belum dapat dipastikan karena tetap bergantung cepat atau tidaknya proses pendalaman informasi itu.

Menurut dia, Kemlu terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM, dan Polri untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Semuanya bergantung kapan selesainya kita melakukan pendalaman informasi,” kata dia. Sementara itu, ia mengatakan hingga saat ini pemerintah Indonesia terus berupaya memastikan kondisi 177 WNI dalam keadaan baik dengan memenuhi berbagai kebutuhan logistik yang diperlukan termasuk obat-obatan. Keseluruhan WNI kini telah berada di KBRI Manila.

“Tim dari Jakarta sudah kami turunkan untuk menyalurkan berbagai bantuan logistik yang diperlukan WNI di sana,” kata Retno. Ke-177 WNI tersebut ditahan di Bandara Manila, Filipina, pada 21 Agustus lalu setelah pihak imigrasi Filipina menemukan bahwa visa yang mereka gunakan palsu. Keberangkatan ke-177 WNI tersebut menggunakan kuota haji Filipina yang diatur tujuh agensi, yakni PT Taskiah, PT Aulad Amin, PT Aulad Amin Tours Makassar, Travel Shafwa Makassar, Travel Hade El Barde, KBIH Arafah, KBIH Arafah Pandaan.

(Oleh: NRMnews.com/ Alam YK.-Editor/A.Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s