Beranda

“…Perubahan Biaya Interkoneksi Untuk Dorong Efisiensi…”


"..Kementerian Komunikasi dan Informatika..."

“..Kementerian Komunikasi dan Informatika…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Tujuan perubahan biaya interkoneksi adalah untuk mendorong efisiensi dan memberikan manfaat bagi industri telekomunikasi maupun masyarakat.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza di Jakarta, Selasa (30/8/2016), terkait dengan rencana kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menurunkan biaya interkoneksi (biaya yang harus dibayar operator ke operator tujuan) pada 1 September 2016. Biaya interkoneksi untuk layanan suara rencananya diturunkan dari Rp 250/menit menjadi Rp 204/menit.

Ia mengatakan, perubahan biaya interkoneksi tersebut ke depan bertujuan mendorong penyelenggara telekomunikasi menggunakan teknologi yang lebih efisien melalui percepatan migrasi teknologi 2G ke 3G/4G, penetrasi broadband.

Penurunan tersebut juga akan mendorong penyelenggara telekomunikasi untuk terus mengembangkan cakupan wilayah layanan secara optimal, menurunkan rasio tarif off-net (lintas operator) dengan tarif on-net (sesama operator).

Hal ini diharapkan mendorong peningkatan trafik panggilan antar operator sehingga dapat tercipta keseimbangan antara panggilan off-net dan on-net. “…Dengan semakin kecilnya deviasi (perbedaan) antara tarif panggilan off-net dan on-net dapat mengurangi churn rate sehingga industri lebih efisien…”, katanya.

Masyarakat, menurut dia, akan mendapat layanan yang stabil dan berkesinambungan, tidak gampang pindah nomor. Layanan yang semakin murah mendorong layanan berbasis ekonomi dan kemasyarakatan serta pelayanan publik ke depan dapat terjamin kepastiannya.

“…Misal layanan financial technology akan dapat dideliver (disampaikan) dengan baik, layanan publik seperti bantuan pemerintah kepada rakyat melalui kartu (non tunai) akan lebih terjamin dan terdeliver (tersampaikan)…”, katanya.

(Oleh: NRMnews.com / Pringga W.-Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s