Beranda

“…Kerjasama Dengan Uni Eropa Potensi Tingkatkan Industri Tekstil Nasional…”


“….NRMnews.com – Jakarta, Pasar industri tekstil nasional berpotensi meningkat hingga dua angka dengan adanya kesepakatan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-EU CEPA. “Sekarang kalau garmen pasarnya sekitar 6 miliar dollar AS, jadi kalau pasar terbuka dalam 5-10 tahun kita harapkan bisa meningkat double,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Menurut Hartarto, industri tekstil di Indonesia memiliki daya saing yang cukup kuat karena didukung oleh Sumber Daya Manusia yang mumpuni. “Dari segi skill karyawan, industri tekstil kita cukup leading. Kalau di tier I, mereka sudah sangat kompetitif,” ungkap Airlangga. Ia mengungkapkan, Kemenperin akan mengembangkan industri tekstil tier II yang tidak hanya berbasis di Jawa Barat dan Jawa Timur, namun juga di Jawa Barat.

Dalam hal ini, Kemenperin akan memberi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para SDM dibidang tekstil. Airlangga menambahkan, kesepakatan perdagangan bebas dengan Eropa masih menjadi pekerjaan rumah Kemenperin yang perlu diwujudkan, mengingat negara tetangga Vietnam sudah membuka kesepakatan dagang dengan Uni Eropa. “Dengan Indonesia-EU CEPA, akan ada dua yang terbuka, yakni tekstil dan alas kaki,” pungkasnya.

(Oleh: NRMnews.com/ Lola C.-Editor A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s