Beranda

“… Paus Fransiskus Bentuk Kementerian Pembangunan Manusia…” 


"...Paus Fransiscus..."

“…Paus Fransiscus…”

“… NRMnews.com – VATIKAN, Paus Fransiskus mengumumkan pembentukan Kementerian Baru Vatikan yang bertugas menangani pembangunan manusia.

Dikastri untuk Promosi Pembangunan Manusia Terpadu dibentuk berdasarkan dekret Paus dan akan mulai menjalankan tugas,  pada hari ini, Kamis, 1 September 2016.

Kementerian baru dibentuk melalui penggabungan empat departemen yang bertugas menangani sistem peradilan, kesehatan, pembangunan, serta migran dan orang yang mengembara. Keputusan tersebut merupakan bagian dari upaya Paus untuk menyederhanakan birokrasi Vatikan dan mengupayakan perlindungan dan dukungan terhadap orang-orang paling rentan sebagai jantung misi Gereja Katolik.

“Dikastri akan menangani sejumlah isu terutama yang berkaitan dengan migran, mereka yang membutuhkan bantuan, orang sakit, mereka yang dikecualikan dan dipinggirkan, narapidana dan pengangguran, demikian pula korban konflik bersenjata, bencana alam dan segala bentuk perbudakan dan penyiksaan,” kata Paus dalam dekret pembentukan Kementerian tersebut.

Paus Fransiskus rutin menyuarakan pembelaan terhadap migran yang meninggalkan kemiskinan, penindasan, dan konflik bersenjata dan berusaha menemukan kehidupan yang lebih baik di negara-negara maju. Dikastri yang baru akan dipimpin oleh kardinal asal Ghana Peter Turkson, salah satu penulis utama ensiklik Paus Fransiskus 2016 yang berjudul “Laudato Si”.

Surat untuk para penganut itu digambarkan sebagai dokumen paling radikal yang pernah ditandatangani oleh seorang Paus. Di dalamnya, Paus Fransiskus mengingatkan bahwa planet ini sedang menuju kehancuran jika tidak segera mengatasi perubahan iklim, ketidakadilan sosial yang memburuk, dan konsumerisme yang merajalela.

(Oleh :Red NRMnews.com /Alam Y. K. – Editor :A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s