Beranda

“… PLN Lebih Baik Fokus Pengembangan Listrik 35000 MW… “


"...Ilustrasi  Jaringan Instalasi Listrik..." Photo By : Red NRMnews

“…Ilustrasi Jaringan Instalasi Listrik…” Photo By : Red NRMnews

“…NRMnews.com – JAKARTA, Perusahaan Listrik Negara (PLN) diminta lebih fokus ke program pengembangan listrik 35.000 Megawatt (MW) daripada rencana melakukan akuisisi terhadap PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Aktivis dari Solidaritas untuk Pergerakan Aktivis Indonesia (Suropati), Aditya Iskandar menyatakan, langkah PLN untuk mengakuisisi PGE, tidak relevan dengan core business BUMN itu yang bergerak di bidang pembangkit, jaringan, dan distribusi listrik atau bagian hilir.

“Sebelumnya, (masa pemerintahan) Presiden SBY meluncurkan Program 10.000 MW dan itu saja belum selesai. Sekarang ada lagi akuisi PGE. Menurut saya fokus PLN kan pembangkitan, jaringan, dan distribusi. Fokus saja ke situ. Fokus saja ke 35.000 MW,” katanya di Jakarta, Kamis (1/9).

Pada kesempatan itu Aditya juga mempertanyakan anggaran PLN untuk mengakuisisi PGE, sementara PLN hingga kini dinilai masih merugi. Jika PLN tidak mempunyai dana, maka akan meminjam ke BUMN lain atau bahkan kepada pihak asing, hal ini merupakan bencana bagi sektor energi panas bumi Tanah Air.

Sementara Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Yunus Saeful Hak, mengatakan, rencana akuisi itu merupakan keputusan korporat dan menyerahkannya kepada Kementerian BUMN.

Meski demikian, harus dipertimbangkan rencana ini secara matang karena terjadi perdebatan. Pasalnya, menjadikan PLN sebagai buyer sekaligus player. Sedangkan core business Pertamina adalah eksplorasi yang biasa dengan risiko.  “Beda dengan PLN di hilir, ya bisnisnya dengan barang yang sudah jadi, sudah ada. Ini berbeda,” katanya.

(Oleh :Red NRMnews.com /Lola C. – Editor :A. Dody R.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s