Beranda

“… Warga Pedukuhan Lemahbang Gelar Merti Dusun…” 


"...Ilustrasi Kirab Gunungan Tumpeng dan Hasil Bumi Syukuran Upacara Adat Nusantara..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Kirab Gunungan Tumpeng dan Hasil Bumi Syukuran Upacara Adat Nusantara…” Photo By : Red NRMnews.com

“… NRMnews.com – YOGYAKARTA, Warga Pedukuhan Lemahbang Desa Mangunan Dlingo Bantul menggelar Prosesi Merti Dusun ditandai dengan kenduri bersama-sama oleh ratusan warga, bertempat di kediaman Kepala Dukuh setempat pada Rabu (31/8/2016).

Ketua Pokja Lemahbang Sugimin mengatakan, kegiatan merti dusun yang rutin dilaksanakan setahun sekali, selain sebagai upaya melestarikan tradisi, juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat desa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tujuan utamanya untuk melestarikan budaya dan tradisi nenek moyang, ini diawali dengan kegiatan kenduri yang dulu melekat dan disebut dengan rasulan”, katanya di sela kegiatan merti dusun.

Dalam ritual tersebut, masing-masing warga membawa bakul berisi sego (nasi, red) gurih dilengkapi lauk-pauk, diantaranya ayam ingkung untuk didoakan pemuka agama setempat, dan kemudian di bawa pulang ke rumah masing-masing.

Pada merti dusun kali ini menurutnya, tidak hanya diikuti warga Pedukuhan Lemahbang, tetapi juga diikuti warga dari Pedukuhan Kanigoro yang menampilkan gelar budaya setempat. Acara tersebut juga dimeriahkan kirab dua buah gunungan berisi hasil bumi yang diarak menuju ke Sendang Kanigoro, sejauh 400 meter dari pemukiman warga.

”Mengarak gunungan untuk menghormati Nyai Danyang Jayengsari yang melekat dengan sumur mata air yang dijuluki sumur gede, dan istimewanya tidak kering saat kemarau,” lanjutnya. Kemudian pada malam harinya kata Sugimin, digelar pentas kesenian tradisional kethoprak, bertempat di depan rumah perangkat desa setempat.

(Oleh :Red NRMnews.com /Dwi Pravita – Editor :A. Dody R.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s