Beranda

“…DPR : Pemerintah Perlu Atur Pramuwisata Ilegal RRT…” 


"...Ilustrasi Pemandu Wisata ..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Pemandu Wisata …” Photo By : Red. NRMnews.com

“… NRMnews.com – DENPASAR,  Anggota Komisi X DPR, Wayan Koster, mendesak pemerintah mencarikan jalan keluar terkait keluhan pengurus asosiasi biro perjalanan wisata terkait maraknya pramuwisata ilegal asal China.

Penunjang sektor pariwisata, seperti keberadaan pramuwisata perlu ditata kembali agar tidak sampai merugikan sektor andalan Indonesia,” katanya, di Denpasar, Jumat (2/9).

Laporan dan data yang disampaikan pengurus asosiasi perjalanan wisata harus mendapat respon dari pemerintah dan instansi terkait. Langkah itu dilakukan agar tidak sampai ada pemandu wisata ilegal dari Tiongkok. Karena dampaknya kalau terus dibiarkan maka kita akan rugi.

Sebelumnya, Kepala Tim Percepatan Pengembangan Sepuluh Destinasi Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Thaib, di Nusa Dua, Bali, tidak mempermasalahkan wisatawan China merangkap menjadi pramuwisata, dari pada turis tersebut tidak ada yang memandu selama di Bali.

Kementerian Pariwisata sudah tahu di lapangan, ada wisatawan Tiongkok yang nyambi jadi pemandu wisata maupun melakukan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan sektor kepariwisataan,” ucapnya.

Mereka datang ke Bali memakai visa turis namun kemudian bekerja tidak tetap sebagai pemandu wisata bagi wisatawan China, karena mereka mampu berbahasa Mandarin. Untuk bisa bekerja secara legal, orang asing harus memakai visa bekerja dan aturan ini berlaku secara universal.

(Oleh :Red NRMnews.com /Alam Y. K. – Editor :A. Dody R.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s