Beranda

“…Museum Sejarah Alam Pertama di Indonesia Diresmikan di Bogor… “


"...Ilustrasi Peraga Museum..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Peraga Museum…” Photo By : Red NRMnews.com

“… NRMnews.com – BOGOR, Museum Nusantara Sejarah Alam INDONESIA yang merupakan pengembangan dari Museum ETNOBOTANI-LIPI,  diresmikan Rabu (31/8), berlokasi di Jl Juanda Kota Bogor, Jawa Barat.

“Museum ini mencerminkan alam Indonesia, interaksi antara manusia dari masa ke masa, menginformasikan keberadaan binatang dan tanaman yang dipelihara dan didomestikasikan,”ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Alam Hayati LIPI Enny Sudarmonowati. 

Lewat museum, imbuhnya, kita tunjukkan kepada masyarakat luas dan juga dunia, bahwa Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam tumbuhan, tetapi juga hewan, bahkan mikroorganisme.  Total pengembangan Museum Etnobotani menjadi Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia akan selesai pada 2019.

Secara bertahap LIPI melakukan penataan setiap ruangan dan lima lantai gedung museum. Menurutnya, setiap lantai bangunan gedung museum akan ditempati koleksi keanekaragaman hayati (biodiversitas). Museum selain berisikan tentang etnobotani, pemanfaatan tumbuhan tropis Indonesia, juga tentang kehidupan modern sampai rekayasa genetika. 

Selain itu, karena museum tersebut merupakan Museum Nasional Sejarah Alam satu-satunya di Indonesia akan bekerjasama dengan museum sejarah alam yang ada di negara-negara lainnya.  Adanya kerjasama ini, akan memudahkan kita melakukan penukaran spesimen untuk ditampilkan di dalam museum,” katanya.

Museum Nusantara Sejarah Alam Indonesia menampilkan 1.840 koleksi tanaman, ditambah dengan koleksi hewan yang berasal dari Museum Zoologi yang dikenal sebagai museum terbesar 10 dunia dengan jumlah koleksinya.

(Oleh :Red NRMnews.com /Alam Y. K. – Editor :A. Dody R.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s