Beranda

“…Presiden Obama, Batalkan Pertemuan Dengan Presiden Filipina…”


"...Presiden AS Barrack Obama..."

“…Presiden AS Barrack Obama…”

“…NRMnews.com – WASHINGTON, Juru bicara Gedung Putih menyampaikan Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan rencana pertemuan perdana dengan Presiden Filipina Rodrigo Duerte menyusul hinaan yang dilontarkan padanya.

Duterte, menyebut Obama sebagai “anak sundal” dihadapan jurnalis sehari sebelum pertemuan yang direncanakan berlangsung di Laos, saat para pemimpin Asia Tenggara menyelenggarakan pertemuan tahunan.

Duterte terpilih sejak Mei dan ia berjanji untuk menekan kriminal, menghapus narkoba dan pengedarnya. Sekitar 2.400 orang tewas sejak ia menjabat pada 1 Juli, termasuk 900 orang saat operasi polisi.

Duterte mengatakan akan “kasar” bila Obama membahas HAM dan pembicaraan seperti itu akan membuatnya mengutuk Obama, lalu menyebut makian tersebut. Gedung Putih sebelumnya menyatakan Obama tidak berencana membahas kekhawatirannya tentang pelanggaran hak asasi manusia di Filipina, saat bertemu Duterte.

Saat jumpa pers, Obama mengatakan telah meminta timnya untuk berbicara dengan pejabat Filipina untuk menjadwalkan pembicaraan yang konstruktif dan produktif bagi kedua pemimpin tersebut. “…Saya selalu ingin yakin bila saya melakukan pertemuan,akan produktif dan menghasilkan sesuatu…”, kata Obama kepada jurnalis.

Obama tiba di Vientiane, Laos, sebelum dini hari Senin (5/9), kunjungan perdana presiden AS ke Laos, untuk membicarakan pengeboman AS saat Perang Vietnam.

Ia dijadwalkan berbicara tentang kepentingan Asia tenggara dalam kebijakan luar negeri dan ekonomi selama dua periode jabatannya, yang akan berakhir pada 20 Januari tahun depan.

Obama sekarang berencana bertemu Presiden Korea Selatan Park Geun-hye pada Selasa (6/9), menurut Ned Price, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, mengenai tes peluru kendali Korea Utara.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s