Beranda

“…Tim Gabungan, Ungkap Produksi Obat Ilegal Bernilai 30 Miliar…”


"...Ilustrasi Produk Obat-obatan dan Kesehatan..."

“…Ilustrasi Produk Obat-obatan dan Kesehatan…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Tim gabungan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, menggerebek lima gudang di Komplek Pergudangan Surya Balaraja, Banten yang memproduksi obat-obatan ilegal dengan nilai yang ditaksir lebih dari Rp 30 miliar, pada Jumat (2/9).

“…Di lima gudang tersebut, tim gabungan menyita barang bukti sebanyak 42.480.000 pil obat yang diproduksi dan diedarkan secara ilegal…”, kata Kepala Badan POM, Penny K. Lukito, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (6/9).

Kasus ini terungkap setelah polisi melakukan penelusuran selama delapan bulan. Lima gudang yang beralamat di Blok E-19, F-36, H-16, H-24 dan I-19, Jalan Raya Serang KM 28 Balaraja, Banten itu kini telah disegel.

Dalam penggerebekan tersebut, petugas menemukan alat-alat produksi obat ilegal seperti mixer, mesin pencetak tablet, mesin penyalut, mesin stripping dan mesin filling. Selain itu, petugas juga menemukan bahan baku obat, bahan kemasan, produk jadi obat dan obat tradisional siap edar.

Beberapa jenis obat yang ditemukan di gudang tersebut adalah Trihexyphenydyl, Heximer, Dextrometorphan, Carnophen dan Somadryl. “…Temuan didominasi oleh obat yang sering disalahgunakan untuk menimbulkan efek halusinasi…”, katanya.

“…Dextromethorphan dan Carisoprodol dalam bentuk sediaan tunggal sudah dilarang peredarannya oleh BPOM sejak tahun 2013…”, katanya. Sementara obat-obatan tradisional yang ditemukan oleh tim gabungan antara lain bermerek Pae, African Black Ant, New Anrat, Gemuk Sehat dan Nangen Zengzhangsu.

“…Produk tersebut merupakan produk tanpa izin edar. Pelaku mencantumkan nomor izin edar fiktif…”, katanya. Lebih lanjut, Penny mengemukakan bahwa produk obat tradisional tersebut telah masuk daftar public warning di Badan POM karena mengandung bahan kimia obat Sildenafil Sitrat yang disalahgunakan sebagai penambah stamina pria.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s