Beranda

“… Indonesia Bersiap Hadapi Perlambatan Ekonomi Global Gelombang Keempat..” 


"...Ilustrasi Grafik Pertumbuhan ekonomi Indonesia..."

“…Ilustrasi Grafik Pertumbuhan ekonomi Indonesia…”

“… NRMnews.com – JAKARTA, Perlambatan ekonomi merupakan fakta yang dihadapi seluruh negara maju dan berkembang di dunia pada medio 2015-2016. China yang selama beberapa dekade mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia juga terkena dampak dari perlambatan ekonomi global ini.

Proyeksi ini terungkap dalam side event Indonesia & Asia Economic Outlook 2017 di ajang IBDExpo 2016 yang digelar di Jakarta Convention Center pada 9 September 2016. Indonesia & Asia Economic Outlook 2017 ini membahas berbagai tren ekonomi global pada 2016 dan beragam potensi tantangan moneter yang dihadapi seluruh dunia pada tahun depan.

Menteri Koordinator Perekonomian Prof Dorojatun Kuntjoro Jakti menyatakan, “Dunia tengah mengalami krisis moneter gelombang keempat, yang dianggap lebih berbahaya dari krisis-krisis moneter seperti krisis Amerika Serikat pada 2008 dan resesi Uni Eropa pada medio 2012. Oleh karena itu, Indonesia yang notabene 60% ekonominya bergantung pada ekspor sangat rentan terkena dampak krisis global ini.”

Sementara  Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryadi ningrat menilai peralihan kepemimpinan presiden Amerika Serikat juga ditengarai sedikit banyak turut memberikan pengaruh negatif pada tren perkembangan ekonomi dunia.  Di tengah muramnya kondisi perekonomian dunia yang tentunya berdampak pada ekonomi Indonesia, masih ada secercah harapan untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan: “Untuk menjaga soliditas ekonomi nasional di tengah perlambatan ekonomi global, salah satunya adalah dengan menjaga kebijakan dan wujudkan konsolidasi fiskal,” ujarnya.

(Oleh : Red NRMnews.com /Dwi Pravita – Editor :A. Dody R.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s