Artikel

“…DPR Minta Presiden Pertimbangkan Kembali Pengangkatan Mantan Menteri…”


"...Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral / ESDM..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral / ESDM…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – Jakarta, Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengkaji ulang mengenai pengangkatan kembali mantan menteri. Dalam hal ini khususnya terkait Arcandra Tahar yang sebelumnya menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Dalam kasus Arcandra, saya harap Presiden harus kaji ulang jika ingin mengangkatnya kembali menjadi Menteri ESDM,” katanya di sela pemotongan hewan kurban di kawasan Kebun Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/9/2016).

Menurut dia, sejak kasus Arcandra mencuat, banyak masyarakat yang mempertanyakan ketidakjujurannya terkait status kewarganegaraannya. Padahal, jika mau berkata jujur, seharusnya Arcandra bisa menyelesaikan masalah kewarganegaraannya dahulu, baru menerima jabatan menteri. Oleh karena itu, lanjut politikus Partai NasDem ini, semua yang sudah dilakukan Arcandra tentunya berkaitan dengan integritas yang bersangkutan. Terlebih, masyarakat sudah melihat ada ketidakberesan yang sejak awal dipertontonkan.

Sangat berbahaya bagi integritas bangsa. Jangan sampai seperti stand up comedy, naik turun, naik lagi. Walaupun hebat, pintar, luar biasa tetapi ini menyangkut integritas. Sejak awal sudah ada ketidakjujuran,” papar Sahroni. Jika Presiden tetap memilih Arcandra, maka masyarakat juga akan melihat kesalahan atau “blunder” yang kedua kali yang dilakukan. Kondisi ini dinilainya kurang baik bagi tingkat kepercayaan masyarakat.  Presiden Joko Widodo sebelumnya menjelaskan dirinya masih melakukan pertimbangan mengenai Arcandra Tahar untuk kembali menjabat sebagai Menteri ESDM.

“Sampai saat ini saya akan melihat dulu masalah yang berkaitan dengan kewarganegaraan, prosesnya,” kata Jokowi di Serang, Banten, Minggu (11/9). Presiden mengatakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly telah melaporkan dalam bentuk surat mengenai status kewarganegaraan Arcandra. Kepala Negara juga menjelaskan pihaknya belum memanggil Arcandra kembali. “Jadi saya belum melihat secara detail prosesnya seperti apa. Pak Arcandra pun belum saya panggil sampai saat ini,” ujar Presiden.

(Oleh: NRMnews.com/ Eka Santhika-Editor/ A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s