Beranda

“…Parlemen Inggris Ungkap Kesalahan Intervensi Inggris Terhadap Libya Tahun 2011 …”


"...PM Inggris, David Cameron..." Photo By rt.co

“…PM Inggris, David Cameron…” Photo By rt.co

“…NRMnews.com – LONDON, Parlemen Inggris mengakui intervensi militer Inggris di Libya tahun 2011 atas perintah David Cameron, perdana menteri saat itu, berdasarkan informasi intelijen yang salah dan telah mempercepat keruntuhan politik dan ekonomi negara Afrika Utara tersebut.

Inggris dan Prancis memimpin upaya internasional untuk membantu menggulingkan pemimpin Libya Muammar Gaddafi pada awal 2011. 

Dalam laporan parlemen negara itu, Rabu (14/9), Libya sejak itu mengalami kekacauan bertahun-tahun. ISIS menapakkan kaki di sana, bekas pemberontak masih berebut wilayah, dan penyelundup orang melakukan operasi besar-besaran, mengirim puluhan ribu orang dalam perjalanan laut berbahaya menuju Eropa.

Cameron, yang memimpin Inggris dari 2010 sampai Juli lalu, punya peran “menentukan” dalam keputusan intervensi dan harus bertanggung jawab atas peran Inggris dalam krisis di Libya, demikian laporan Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Inggris.

Tindakan Inggris di Libya adalah bagian dari intervensi yang dibuat dengan buruk, hasilnya masih ada sampai sekarang,” kata ketua komite Crispin Blunt, yang berasal dari Partai Konservatif, sama dengan Cameron.

“Kebijakan Inggris di Libya sebelum dan semasa intervensi Maret 2011 didasarkan pada asumsi salah dan pemahaman kurang lengkap mengenai negara itu dan situasinya,” kata dia. Komite tersebut menyatakan bahwa “tanggung jawab utama terletak pada kepemimpinan David Cameron.”

Cameron mengundurkan diri sebagai perdana menteri Juli lalu setelah kalah dalam referendum untuk mempertahankan keanggotaan Inggris di Uni Eropa. Pada Senin, dia juga mengundurkan diri sebagai anggota parlemen dengan alasan tidak ingin mengganggu penerusnya, Theresa May.

Laporan dari komite luar negeri menyatakan bahwa pemerintahan gagal mengidentifikasi laporan intelijen berlebihan mengenai adanya ancaman terhadap warga sipil dan bahwa pemberontak merupakan unsur dari gerakan radikal Islam. Respons pasca-intervensi juga kurang menurut laporan itu.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s