Beranda

“…Aung San Suu Kyi Menyeru Pencabutan Sanksi Ekonomi Amerika Terhadap Myanmar…”


"...Mrs.Aung San Suu Kyi Pemimpin Oposisi Myanmar..."

“…Mrs.Aung San Suu Kyi Pemimpin Oposisi Myanmar…”

“…NRMnews.com – MYANMAR, Aung San Suu Kyi pada Rabu (14/9) menyeru pencabutan sanksi ekonomi AS terhadap Myanmar. Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dalam pertemuan pertama mereka di Gedung Putih sejak Suu Kyi menjadi pemimpin, menyatakan bahwa Amerika Serikat siap melakukannya.

“Ini tindakan tepat yang harus dilakukan untuk memastikan rakyat Burma merasakan manfaat dari cara baru menjalankan usaha dan pemerintahan baru,” kata Obama di Kantor Oval bersama Suu Kyi di sampingnya.

Perjalanan Suu Kyi (71), yang seperti Obama adalah peraih Hadiah Nobel Perdamaian, menutup perjalanan sepanjang satu dekade dari penjara politik menuju pemimpin nasional setelah partainya memenangi pemilihan umum tahun lalu.

Kami pikir waktunya sekarang sudah tiba untuk mencabut semua sanksi yang menghancurkan kami secara ekonomi,” kata Suu Kyi, menyatakan bahwa Kongres Amerika Serikat mendukung negaranya dengan mengenakan sanksi di masa lalu sebagai tekanan untuk melaksanakan reformasi demokratis.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa pemerintah akan memasukkan kembali Myanmar ke dalam Generalized System of Preferences (GSP), yang membebaskan bea masuk barang-barang impor dari negara-negara miskin dan berkembang.

“Masuknya kembali Myanmar ke dalam daftar penerima manfaat GSP, ditambah dengan pencabutan sanksi akan memberi pemerintah, pengusaha, dan institusi nirlaba Amerika Serikat insentif lebih besar untuk berinvestasi dan berpartisipasi di negara yang kami harap makin demokratis dan sejahtera di kawasan,” kata Obama.

Dalam satu pernyataan tentang Myanmar, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan bahwa beberapa pembatasan masih tetap berlaku, seperti pecegahan visa bagi pemimpin militer.

(Oleh : Red NRMnews.com / Lola C. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s