Beranda

“…Mahasiswa UGM Juara Pertama Kompetisi ASEAN Youth Initiative…”


"...Ilustrasi para Mahasiswa..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi para Mahasiswa…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara pertama kompetisi ASEAN Youth Initiatives 2016.

Kompetisi diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia berlangsung di University Technology Malaysia, pada 3-4 September 2016.

Tim UGM beranggotakan Alif Kurniawan (Fakultas Kedokteran Hewan), Atikah Iffah Syakirah (Fakultas Kedokteran), Noviana Nur Sari (Fakultas Biologi), serta Qurrota A’yun (Fakultas Pertanian).

Mereka berhasil menyisihkan puluhan tim lain dari sejumlah universitas di kawasan ASEAN dengan mengajukan karya tulis tentang potensi pemanfaatan lendir atau mukus pada ikan sebagai cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Qurrota A’yun, anggota tim mengatakan mukus pada ikan memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer karena mengandung senyawa immunoglobin yang mampu menghambat bakteri gram positif dan negatif.

A’yun menambahkan, mukus ikan dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam hand sanitizer sebagai agen antimicrobial karena dalam mukus ikan terdapat berbagai enzim protease yang mempunyai aktivitas antibakteri yang kuat.

Mukus juga mengandung lecitin yang terbukti dapat menyembuhkan luka. Kandungan senyawa dalam mukus ikan ini mampu memberikan perlindungan dari patogen mikroba dan juga parasit,” tambahnya. Hand sanitizer berbahan mucus (lendir) ikan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain terbukti mampu memiliki aktivitas antibakteri yang kuat, ketersediaan mukus ikan sangat berlimpah di Indonesia dan belum banyak dimanfaatkan

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s