Beranda

“…Komisi X DPR : Pemotongan Anggaran Pendidikan Tidak Seharusnya Terjadi…”


"...Gedung MPR/DPR RI..."

“…Gedung MPR/DPR RI…”

“…NRMnews.com – JAMBI, Pemangkasan anggaran pendidikan dan kebudayaan sekitar Rp 5,5 Triliun dikhawatirkan berpengaruh besar dengan penyelenggaraan pendidikan, utamanya sarana dan prasarana pendidikan.

“Pemotongan tersebut tidak seharusnya terjadi, seyogyanya setiap tahun anggaran harus bertambah, karena siswa ataupun mahasiswa bertambah, begitu juga dengan infrastruktur sekolah,” terang pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) dalam Dialog JHI di pro1 RRI Jambi, Senin (19/9/2016).

Untuk itu pihaknya mengakui tidak sedikitpun memberi ruang untuk pemotongan tunjangan kesejahteraan guru, karena sebagai garda terdepan dan sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan, guru menjadi indicator terpenting.

Menurut Sutan, pendanaan terkait sarana prasarana seperti jalan tol dan lainnya dapat ditunda, namun tidak pendidikan. “Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang tidak dapat ditawar. Untuk infrastruktur yang lain, misalnya jalan kereta api, jalan tol, masih bisa ditunda, namun tidak untuk pendidikan, apalagi berada di MEA. Jika anak generasi kedepan mempunyai kualiats pendidikan yang rendah saya tidak rela generasi muda kita tidak mampu bersaing,” tuturnya.

Sejauh ini, kata SAH, Komisi X DPR RI terus melakukan langkah koordinasi, terutama terkait raker dengan pihak Kementrian. Ditambahkan Sutan, Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan anggaran pendidikan setiap tahunnya sebesar 20 % dari APBN.

Karenanya, jika pemotongan melebihi 20 %, maka pemerintah melanggar UU dan tidak konsisten, bahkan dinilai sebagai suatu kemunduran. “Hal ini akan terus dikaji, salah satunya pada tanggal 22-27 September mendatang, akan melakukan pembahasan RAK-KL 2017”.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s