Beranda

“…Penangkapan Irman Gusman, KPK Dinilai Politis…”


"...Gedung Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR.Rasuna Sahid, Jakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Gedung Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR.Rasuna Sahid, Jakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ketua DPD RI Irman Gusman telah ditetapkan sebagai tersangka penerima suap Rp 100 juta terkait pengurusan kuota gula impor yang dikelola Bulog. 

Menanggapi itu, Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding menyatakan, dilihat dari jumlah barang bukti yang tidak sangat signifikan maka wajar muncul pertanyaan banyak dari publik bahwa langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih kepentingan politis.

“…Karena sepengetahuan kami kasus di bawah Rp 1 miliar itu seharusnya ditangani instansi lain. Jadi kami kira tidak terlepas dari anggapan seperti itu (politis-red)…”, kata Sudding, di sela rapat kerja dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK, Sekjen MPR, dan Sekjen DPD, di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/09/2016) lalu.

Sudding menyatakan, Komisi III periode sebelumnya menginginkan KPK sebagai lembaga extraordinary crime atau kejahatan luar biasa agar lebih fokus pada penanganan kasus yang berdampak signifikan dalam konsteks kerugian negara. Misalnya, dalam kasus pertambangan , masalah pajak, migas, dan sejenisnya.

“…Nah ketika kasus-kasus ibaratnya lebih besar biaya penanganan kasusnya ketimbang dengan kerugian negara ditimbulkan perlu menjadi pertimbangan, sehingga periode sebelumnya mengharapkan agar KPK menangani kasus sifatnya big fish difokuskan…”, ujarnya.

Maka itu, menurut Sudding, bila kasus Irman tidak terkait kasus besar dimaksud, KPK sebaiknya mempertimbangkan penanganan lebih lanjut. Apalagi, kewenangan DPD juga sangat terbatas melaksanakan kebijakan menyangkut impor gula. “…Saya kira kawan-kawan juga akan mengkritisi ini…”, tuntasnya

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s