Beranda

“…MPR Gunakan Wayang Untuk Sosialisasikan Empat Pilar…”


"...Pertunjukan Wayang Kulit ..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Pertunjukan Wayang Kulit …” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Pagelaran wayang menjadi salah satu cara Majelis Permusyawaratan Rakyat untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR ke berbagai penjuru nusantara.

“…Mengapa wayang, sebab wayang adalah khasanah budaya asli dan merakyat…” kata pimpinan fraksi Golkar MPR Mujib Rohmat dalam sosialisasi empat pilar lewat pagelaran wayang di Semarang, seperti dilansir keterangan tertulis, Minggu.

Ia mengatakan, dalam kisah-kisah wayang terdapat hikmah tentang kejujuran, patriotisme dan hal-hal baik lain.

Di tengah-tengah jalan cerita bisa diselipkan pesan-pesan Pancasila. Mujib menyebutkan, jika metode semacam itu dilakukan terus menerus, maka akan terbentuk pemahaman yang utuh tentang Pancasila dalam pembentukan karakter bangsa. “…Tapi semua itu butuh kerjasama dan dukungan seluruh elemen masyarakat tanpa itu semua sia-sia…”, tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sosialisasi Empat Pilar sangat penting mengingat bahwa pascareformasi, pemahaman Pancasila sempat luntur. Menurut Mujib, euforia kebebasan dan era reformasi membuat bangsa Indonesia lupa akan Pancasila. Bangsa Indonesia sempat lupa pada komitmen kebangsaannya. Hal tersebut berlangsung hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“…Yang paling berbahaya adalah dampaknya kepada generasi muda bangsa. Generasi yang lahir pasca reformasi terancam tidak mengenal Pancasila…”, kata dia. Sehingga, ujar Mujib, sosialisasi Empat Pilar MPR dengan berbagai metode salah satunya dengan metode pagelaran seni budaya wayang, adalah satu upaya strategis untuk menyentak kembali ingatan dan pemahamam akan Pancasila.

(Oleh: NRMnews.com/Pringga W.-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s