Beranda

“…Petani dan Mahasiswa Demo Tolak Reformasi Agraria…” 


"...Ilustrasi Para Petani Indonesia..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Para Petani Indonesia…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – PEKANBARU, Memperingati Hari Tani Nasional ke 56, puluhan petani dan mahasiswa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) Riau menggelar aksi demo menolak Reforma Agraria di gedung DPRD Riau.

Pasalnya, Reforma Agraria yang semestinya menjadi semangat dan aspirasi yang hendak mewujudkan keadilan atas hak kepemilikan tanah dengan lahirnya UU Pokok Agraria, namun hingga 56 tahun UU itu diundangkan, monopoli tanah masih terus berlangsung, konflik agraria semakin massif.

“…Mana tanah untuk rakyat, mana kesejahteraan untuk rakyat, semua tanah di kuasai perusahaan besar seperti Sinar Mas Grup dan April Grup, rakyat sengsara, tanah mereka dirampas perusahaan, merekah ditekan, dibunuh…”, papar Korlap pendemo Hamzah dalam orasinya, Senin (26/09/2016).

Menurutnya, kebijakan pemerintah tidak berpihak kepada rakyat, sebaliknya mengintensifkan perampasan dan monopoli kaum tani, nelayan dan suku minoritas dan rakyat miskin lainnya di pedesaan.

“…Setiap kasus pembebasan lahan dari tangan kaum petani, selalu disertai berbagai tindakan kekerasan dan kriminalisasi kaum tani…”, sebutnya.

Sementara salah seorang petani, Sumarni yang ikut berorasi menyatakan, hakikat reforma agraria kekayaan alam tidak lagi di kuasai asing. “…Sejatinya reforma agraria mensejahterahkan rakyat, setiap orang punya hak atas tanah…”, tuturnya.

Dalam aksi itu, pendemo juga menuntut antara lain, turunkan sewa tanah,naikan upah buruh,  agar pemerintah menghentikan monopoli dan perampasan tanah, wujudkan reforma agraria sejati dan bangun indutri nasional, hentikan pembakaran hutan dan hukum perusahaan yang membakar hutan dan lahan.

Masa akhirnya diterima Wakil Ketua DPRD Riau Manahara Manurung dan Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanis serta sejumlah anggota Komisi B lainnya di Ruang Rapat Komisi.

Wakil Ketua DPRD Riau Manahara Manurung mengatakan, Dewan sejalan dengan aspirasi  petani dan mahasiswa dan akan menyampaikan tuntutan itu ke Pusat melalui DPR RI.

“…Kami kirimkan aspirasi ini ke DPR RI, mari kita bersama-sam berharap akan ditindak lanjuti sehingga kehidupan petani akan lebih sejahtera…”, terang Manahara.

(Oleh :Red NRMnews.com /Fajar S. – Editor :A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s