Beranda

“…BUMN Diharapkan Bersinergi Membuat Jaringan Wisata…”


"...Menteri BUMN, Rini Soemarno..."

“…Menteri BUMN, Rini Soemarno…”

“…NRMnews.com  – JAKARTA, Perusahaan-perusahaan BUMN Indonesia diharapkan dapat memberikan jaringan layanan penuh kepada wisatawan lokal, maupun mancanegara yang berkunjung ke Tanah Air. Demikian dikatakan Menteri BUMN Rini Soemarno dalam peluncuran Hotel Indonesia Group di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Rini menekankan pentingnya sinergi antar-BUMN dan terus saling mengisi agar bisa berkontribusi positif bagi negara serta memberikan manfaat besar bagi rakyat. “Saya tekankan, semua BUMN Indonesia harus jadi bagian dari rantai pasok wisata. Kita jadi grup satu-satunya yang bisa memberikan service full chain kepada wisatawan,” katanya

Dengan memberikan layanan penuh kepada wisatawan, salah satu fungsi utama BUMN sebagai agen pembangunan juga dapat terpenuhi. 

Jadi wisatawan terbang pakai Garuda Indonesia, tinggalnya di salah satu hotel BUMN, dari bandara naik Damri. Lalu saat ingin ke Sumatera bisa menyeberang gunakan ASDP. Dan yang sebentar lagi jadi, kalau mau ke Bandung bisa naik kereta cepat,” katanya.

Rini mengungkapkan sebagai grup besar, BUMN punya kekuatan jika saling mendukung, bukannya berkompetisi sendiri. “BUMN kita banyak, tidak hanya banyak, anak, cucu hingga cicitnya juga banyak. Ini yang membuat BUMN kelihatan besar tapi kosong. Dalam artian, biayanya besar tapi jumlah pasarnya tidak berubah,” katanya.

Ia pun mengingatkan agar BUMN bisa bekerja sama, termasuk dalam mendukung sektor pariwisata yang jadi andalan pemerintah.  Jaringan HIG diharapkan dapat berperan besar dalam memenuhi target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019 melalui pengembangan di 10 destinasi wisata utama.

Konsolidasi hotel BUMN yang diinisiasi oleh sinergi PT Hotel Indonesia Natour (HIN), PT Patrajasa (anak usaha PT Pertamina (Persero) dan PT Aerowisata (anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk) bertujuan untuk menciptakan jaringan hotel terbesar di Indonesia sehingga menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Saat ini, HIG terdiri dari 36 hotel yaitu tujuh hotel milik Aerowisata, 12 hotel milik Hotel Indonesia Natour, dan tujuh hotel milik PatraJasa, sembilan hotel milik Pegadaian (Pesona Hotel), dan satu hotel milik Taman Wisata Candi yang berlokasi di Kawasan Candi Borobudur.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s