Beranda

“…Festival Musik Tradisional Minangkabau, Bendung Pengaruh Globalisasi…”


"...Ilustrasi seniman musik..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi seniman musik…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – PADANG, Pengaruh globalisasi telah menyebabkan generasi muda semakin jauh dari nilai-nilai budaya dan kecintaan terhadap warisan seni tradisional minangkabau.

Untuk membendungnya, penyelenggaraan kegiatan seperti Festival Musik Tradisional Minangkabau Tingkat Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang diselenggarakan Korem 032 Wirabraja adalah upaya strategis dalam menumbuhkan semangat dan rasa memiliki masyarakat terhadap budaya tradisional yang juga bagian kekayaan nusantara yang harus dilestarikan.

“Festival seni yang diikuti utusan 19 kabupaten dan kota adalah rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI, tanggal 5 Oktober mendatang. Pelaksanaan kegiatan sudah berlangsung sebulan yang lalu, dimulai pada masing-masing daerah,” ujar Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, SIP MSI, Rabu (28/9/2016) . Selain menjadi salah satu kebutuhan jiwa, musik tradisonal adalah aset budaya yang jika tidak dilestarikan oleh generasi muda kita sekarang, lambat laun akan terkikis budaya luar yang masuk dari berbagai celah,” ujarnya.

Diakui, tidak mudah memulihkan pemikiran generasi muda yang telah dirasuki pengaruh budaya luar dan menganggap budaya luar jauh lebih modern dan popular. Melalui penyelenggaraan event seni budaya dan kegiatan pembinaanberkesinambungan yang disertai evaluasi untuk perbaikan kualitas, diharapkan pemikiran tersebut dapat dipulihkan sehingga ke depannya warisan budaya nenek moyang dapat diselamatkan.

Sumatera Barat menurut Bakti Agus Fadjari kaya dengan aneka musik tradisional dan masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri. Festival Musik Tradisional Minangkabau se-Sumatera Barat yang digelar selama satu hari di Makorem 032 Wirabraja diikuti sebagian besar para pelajar yang dengan kepiawaiannya memainkan alat musik tradisional menjadi karya seni bernilai tinggi.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K -Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s