Beranda

“…DPR Seperti Bursa Efek, Saling Tawar Menentukan Anggaran…”


"...Ilustrasi Rapat Kerja Komisi DPR RI..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Rapat Kerja Komisi DPR RI…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengembangkan kasus suap proyek jalan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program aspirasi Komisi V DPR RI, termasuk penyidik mendalami pertemuan ‘rapat setengah kamar’ antara anggota Komisi V DPR dengan pejabat Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat seperti terungkap dalam persidangan Damayanti Wisnu Putranti.

Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan ‘rapat setengah kamar’ yakni biasanya dilakukan oleh pimpinan komisi, atau pimpinan fraksi atau ketua tim. “Rapat setengah kamar biasanya adalah pimpinan, bisa pimpinan komisi, pimpinan fraksi yang bisa dipercayai atau ketua tim. Yang bisa dipercayai adalah yang bisa dilobi, silent (Diam) hanya mereka yang tau, yang penting fraksi dapatlah,”kata Uchok Sky Khadafi, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Kamis (29/9/2016).

Oleh sebab itu, seperti yang diperintahkan hakim yang mengadili Damayanti, KPK harus mendalami peranan pimpinan fraksi. Uchok menyebut DPR seperti bursa efek, saling tawar dalam menentukan anggaran. “Bisa juga difokuskan ke fraksi karena ada dugaan ke sana. Itu harus ditelisiki oleh KPK. Itu kan diperintahkan oleh hakim bahwa pimpinan harus disidik. Itu tugas KPK menindaklajuti pengakuan Damayanti selaku justice collaborator. KPK harus mencari tersangka baru”.

Kedepan untuk keterbukaan publik, DPR harus membuat risalah dan dokumen rapat lalu disampaikan kepada masyarakat. Mantan anggota Komisi V Damayanti divonis 4 tahun 6 bulan penjara. Selain itu, majelis hakim memutuskan memberi hukuman denda Rp 500 juta dengan subsider 3 bulan kurungan. Politisi PDIP itu juga merupakan justice collaborator . Diharapkan keterangan dari Damayanti mampu menguak pelaku yang lebih besar dalam kasus suap itu.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s