Beranda

“…OPEC Sepakat Turunkan Produksi Minyak Dunia…”


"...Ilustrasi Rig dan Kilang Minyak Lepas Pantai..."

“…Ilustrasi Rig dan Kilang Minyak Lepas Pantai…”

“…NRMnews.com – ALJAZAIR, OPEC menyepakati pengurangan produksi minyak untuk pertama kalinya sejak 2008. Saat itu terjadi penurunan produksi lantaran Arab Saudi melunakkan sikapnya terhadap seterunya Iran di tengah semakin meningkatnya tekanan akibat rendahnya harga minyak.

Dua sumber pada organisasi negara-negara pengekspor minyak OPEC mengatakan organisasi ini akan memangkas produksi pada 32,5 juta barel per hari dari produksi sekarang 33,24 juta barel per hari. Berapa banyak masing-masing negara akan memproduksi minyak akan ditentukan pada pertemuan resmi OPEC November nanti ketika permintaan untuk pengurangan produksi juga dimintakan kepada negara-negara non OPEC seperti Rusia, kata dua sumber tadi, Rabu (28/9/2016).

Harga minyak merangsek naik lebih dari 5 persen pada di atas 48 dolar AS per barel setelah hasil pertemuan tidak resmi OPEC di Aljazair yang mengejutkan para pedagang. Tetap saja banyak yang menginginkan detail kesepakatan informal itu.
“Kami belum tahu siapa akan memproduksi apa. Saya ingin mendengarkan dari mulut menteri perminyakan Iran bahwa dia tidak ingin kembali ke level pra-sanksi. Bagi Saudi, langkah itu jelas melawan kebijakan konvensional terhadap apa yang mereka katakan,” kata Jeff Quigley, direktur pasar energi Stratas Advisors yang berbasis di Houston.

Iran meminta dikecualikan dari pembatasan produksi itu karena produksi minyaknya baru pulih kembali setelah sanksi Uni Eropa dicabut belum lama tahun ini.  Iran merasa tertekan oleh terpangkasnya harga minyak sampai separuhnya sejak 2014 dan perekonomiannya seharusnya berekspansi sampai 4 persen tahun ini, kata IMF. Di sisi lain, Riyadh menghadapi tahun kedua defisit anggaran setelah mencapai rekor 98 miliar dolar AS tahun lalu, ekonomi yang stagnan dan dipaksa memangkas gaji PNS.

(Oleh: NRMnews.com/ Eka Santhika- Editor/ A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s