Beranda

“…Uni Eropa Sepakat Percepat Ratifikasi Perubahan Iklim…”


"...Logo EU / Uni Eropa..."

“…Logo EU / Uni Eropa…”

“…NRMnews.com – UNI EROPA, Para menteri lingkungan dari 28 negara anggota Uni Eropa (EU) pada Jumat (30/9) sepakat untuk mempercepat proses ratifikasi bersama menyangkut perjanjian iklim Perserikatan Bangsa-bangsa.

Badan eksekutif Uni Eropa, yaitu Komisi Eropa, menyambut baik langkah “bersejarah” yang akan segera memungkinkan Perjanjian Paris dapat terlaksana. Kesepakatan Uni Eropa itu akan memangkas proses ratifikasi di dalam negeri ke-28 negara anggota EU.

“Seluruh negara anggota memberi lampu hijau agar EU segera meratifikasi Perjanjian Paris. Apa yang selama ini dianggap oleh beberapa pihak sebagai sesuatu yang mustahil, sekarang tidak terbukti,” kicau Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, yang negaranya, Polandia, telah menjadi pihak utama yang menolak percepatan.

Perjanjian itu dirancang untuk memotong tingkat pembuangan gas rumah kaca serta mencegah perubahan iklim berbahaya dengan cara membatasi pemanasan global hingga kurang dari dua derajat Celcius dibandingkan dengan masa-masa praindustri.

Ratifikasi EU merupakan tonggak sejarah kunci karena Perjanjian Paris hanya akan terlaksana jika setidaknya ada 55 negara, yang mengeluarkan paling tidak 55 persen pembuangan karbondioksida secara global, bersedia untuk meratifikasi perjanjian.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan, “Uni Eropa melaksanakan janjinya …. Negara-negara anggota telah memutuskan untuk membuat sejarah dan membuka jalan bagi terlaksananya perjanjian untuk pertama kalinya yang mengikat secara universal tentang perubahan iklim.”

(Oleh : Red NRMnews.com /Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s