Beranda

“…Ini Tiga Agenda Pemerintah Untuk TAFISA 2016…”


"...Ratusan Peserta Lakukan Senam Orhiba dalam Fam trip TAFISA Games 2016..."

“…Ratusan Peserta Lakukan Senam Orhiba dalam Fam trip TAFISA Games 2016…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Sepekan kurang menjelang perhelatan olimpiade dan festival olahraga rekreasi masyarakat dunia, TAFISA Games 2016, Panitia Pelaksana (JATGOC; Jakarta TAFISA Games Organizing Committee) menggelar kunjungan pengenalan (familiarization trip) dan sosialisasi venue utama acara di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Acara Fam Trip dibuka dengan sejumlah acara yang digelar untuk masyarakat seperti Senam ORHIBA (Olahraga Hidup Baru), Zumba Big Party dan Fun Bike bersama anggota komunitas pegiat sepeda yang bersepeda dengan rute dari kantor Kemenpora ke Ecovention di Ancol.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam sambutan singkat sebelum melepas peserta Fun Bike menyampaikan, “Acara Fam Trip dan Sosialisasi dalam kesempatan Fun Bike, Senam ORHIBA dan Zumba Big Party ini dihelat untuk memperkenalkan secara lebih luas lagi kepada berbagai kalangan pegiat olahraga masyarakat agar dapat mengetahui berbagai agenda acara di TAFISA Games 2016 dan bersama-sama dapat mensukseskan acara dengan beramai-ramai menyaksikannya.”

Rombongan mendatangi satu-persatu venue penyelenggaraan, dimulai dari Ecovention tempat dilaksanakannya nomor cabang olahraga International Physical Fitness Challenges dan World Dragon & Lion Dance Championship serta Cheerleader Championship. Pulau Tengah Ecopark merupakan tempat pelaksanaan acara International TSG (Traditional Sports & Games) Demonstration, National TSG Demonstration, Children TSG Festival dan TSG Open Exhibition.

Di Pantai Festival, selain akan digelar International TSG Demonstration, juga akan digelar Festival Kuliner dan Handicraft serta Pagelaran Seni Budaya Nasional dan Mancanegara. Sementara Sekretariat TAFISA bertugas di Candi Bentar Convention Hall di Putri Duyung yang sekaligus lokasi dihelatnya Festival Line Dance, Taichi dan Chi Kung.

Diakhir perjalanan, rombongan media dikenalkan dengan lokasi ABC (Ancol Beach City) Mall dimana Media Center TAFISA Games 2016 berada. Di lokasi ini, tepatnya di Pantai Carnaval ABC Mall, Opening Ceremony yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh ribuan delegasi peserta TAFISA Games 2016 digelar.

Di ABC Mall begitu banyak kegiatan digelar seperti E-Sport & Arm Wrestling (Panco) Championship serta Indonesia Sport Fashion Week. Rombongan juga sempat melihat Pantai Carnaval yang menjadi lokasi gelaran sejumlah cabang olahraga ekstrim seperti BMX, skateboard, panjat dinding, B-boy, parkour dan freestyle soccer serta agenda khusus untuk penyandang disabilitas.

Ajang the Association for International Sports for All (TAFISA) World Games 2016 (6 – 12 Oktober) mempunyai tiga agenda utama bagi pemerintah Indonesia yakni peningkatan derajat kebugaran masyarakat, promosi pariwisata dan pemecahan rekor. 

Special Event berupa percobaan Pemecahan Rekor Dunia Layang-Layang Daun Terbesar, Pelajar Bermain Egrang Terbanyak dan Menari Zumba 14000 orang. Untuk olahraga air, akan dihelat kesempatan menyelam bersama ratusan penyelam nasional dan mancanegara di Kepulauan Seribu serta sejumlah nomor martial arts seperti kompetisi pencak silat dan seni bela diri lainnya dari berbagai negara seperti Capoeira, Chanbara, Muay Thai, dll.

“Diharapkan usai acara, ada peningkatan kesadaran mengenai pentingnya berolahraga, berekreasi. Tingkat kebugaran jasmani masyarakat Indonesia hanya sekitar 17 persen. Kalau tidak didongkrak (tingkat kebugaran), akan memicu rata-rata masyarakat kita pada usia 40-an sudah kena obesitas, kolestrol, dan lain sebagainya.  Ujar Raden Isnanta, Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Minggu (2/10).

“Permasalahan ini juga bukan hanya di Indonesia, tetapi di banyak negara. Sehingga pada ajang TAFISA nanti, akan diselenggarakan Ikrar Bersama atau Global Forum. Kami akan menyuarakan pentingnya kegiatan olahraga rekreasi. Karena problem di berbagai negara, penyakit non menular potensial meningkat. Kita harus cegah,” imbuhnya.

Agenda penting lainnya yakni promosi pariwisata, khususnya Jakarta. “Sehingga tiga venue TAFISA (yakni) Ancol (Jakarta Utara), JIExpo Kemayoran (Jakarta Pusat), Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta Timur) bisa menjadi jendela Indonesia kepada dunia, terutama peserta dari luar negeri. Kalau mereka datang ke Taman Mini, mereka akan melihat berbagai miniatur berbagai daerah di Nusantara. Sehingga, mereka bisa saja tertarik untuk datang ke Kalimantan, Sulawesi, dan lain sebagainya.”

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s