Gaya Hidup

“…TAFISA Games Diharapkan Bangkitkan Olahraga Tradisional Karya Leluhur Bangsa…”


"...Ketua Pelaksana TAFISA Games 2016 sekaligus Ketua FORMI, Hayono Isman..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ketua Panitia TAFISA Games 2016 sekaligus Ketua FORMI, Hayono Isman…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ajang olimpiade olahraga rekreasi terbesar TAFISA Games 2016 yang ke-6 siap digelar di Jakarta, tepatnya pada 6 – 12 Oktober 2016. Persiapan event ini menurut Ketua Panitia TAFISA World Games 2016, Hayono Isman, sudah mencapai 99 persen.

Semuanya sudah siap, pemasangan umbul-umbul pun sudah dilakukan, hanya finishing di beberapa area saja, tinggal kita meriahkan saja acaranya yang akan dimulai esok hari,” ujar Hayono, dalam acara Media Briefing TAFISA Games 2016, di Jakarta Utara, Rabu (5/10/2016).

Para delegasi pun sudah mulai berdatangan, ” Dari 29 perwakilan provinsi di Indonesia sudah 24 provinsi yang hadir di Jakarta, Delegasi Internasional kebanyakan baru esok mulai sampai lokasi,”imbuh Hayono.

Sebagai pesta olahraga masyarakat dunia yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Hayono menilai dukungan pemerintah pusat dan daerah sudah sangat luar biasa. “Bahkan sudah dibuatkan Keppres untuk kegiatan ini, dan sudah ada 29 provinsi yang bersedia mendelegasikan perwakilan daerahnya,”tutur Hayono.

Untuk kedatangan Presiden Jokowi dalam acara pembukaan, pihaknya masih melakukan konsolidasi dengan pihak paspampres, äpa akan lewat jalur laut atau darat,”tandasnya. Kegiatan opening ceremony akan dilaksanakan pada Sabtu, 8 Oktober di Ancol Beach City.  Selain itu, pada event TAFISA kali ini, pihak panitia pelaksana akan menggunakan teknologi yang juga digunakan pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

“Dari sesi pendaftaran atau registrasi, hingga yang berkaitan dengan akomodasi para peserta telah kami atur sedemikian rupa, dan akan diberikan gelang berteknologi khusus untuk mempermudah proses scanning,” pungkas Hayono. Didukung Kemenkominfo, TAFISA menggunakan sistem NFC (near field communication)- teknologi pendukung keamanan dan manajemen pengunjung.

Hingga mendekati Hari-H pelaksanaan acara, Hayono mengakui gaung TAFISA Games masih belum nyaring terdengar. Namun pihaknya optimis setelah terselenggaranya acara pengunjung akan membludak. “PON 2016 pun gaungnya tidak terlalu terdengar namun saat acara ramai. Demikian pula saya harapkan dengan TAFISA Games ini,” harapnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak melewatkan ajang ini, karena Indonesia adalah gudangnya olahraga masyarakat atau olahraga tradisional. ” Saya kira ini yang membuat Indonesia memenangkan penawaran sebagai tuan rumah TAFISA Games melawan Belanda,  Öutput TAFISA GAMES adalah momentum awal kebangkitan olahraga tradisional yang selama ini terpinggirkan oleh olahraga modern, olahraga masyarakat yang merupakan karya vintage leluhur yang harus kita lestarikan, jangan sampai punah,”tandasnya.

 

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s