Beranda

“…Membaca Sejarah Konstitusi, PPP Usulkan Kembalikan Frasa Orang Indonesia Asli Dalam UUD…”


"...Ilustrasi Hukum dan Keadilan..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Hukum dan Keadilan…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuzyi menilai, adanya pihak menentang usulannya mengembalikan frasa “orang Indonesia asli” untuk syarat calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Undang-Undang Dasar 1945, terutama Pasal 6 ayat 1 perlu membaca sejarah konstitusi.

“…Justru yang perlu membaca sejarah konstitusi rekan-rekan itu, kalau PPP sudah membaca, makanya kemudian mengembalikan pada frasa indonesia asli…”, kata pria yang karib disapa Romy ini, Kamis (06/10/2016), di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jakarta.

“…Tetapi komentar partai-partai itu adalah hak, karena mereka juga memiliki landasan dan cara berpikirnya sendiri…”, tandas Romy. Lebih lanjut disampaikan, PPP merasa hal itu penting karena para pendiri bangsa ketika meletakkan frasa Indonesia asli, telah melihat secara seksama, diktum kewarganeraaan pada waktu itu adalah semua yang tinggal di Indonesia kecuali yang menolak.

Kemudian, lanjutnya, ada beberapa warga negara bahkan banyak yang menolak diberikan kewarganegaraan Indonesia pada waktu itu. Sehingga, menurutnya, saat itu ada kategori asal usul, diantaranya ada warga negara asing, pribumi, ada timur asing, dan ada kulit putih. “…Nah dasar itu lah yang kemudian memperkaya  para pendiri bangsa menelorkan pada frasa Indonesia asli…”, terangnya.

Untuk itu, kata Romy, PPP ingin mengembalikan konservasi kewarganegaraan kepada semangat para pendiri bangsa, untuk memastikan bahwa Indonesia tetap dipimpin orang-orang, yang memang memiliki akar historis dalam sejarah nasional.

“…UU Kewarganegaraan, UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan sekarang, dapat menimbulkan bias dari kepemimpinan puncak Indonesia ke depan terkait dengan hak-hak warga negara Indonesia…”, pungkasnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s