Beranda

“…Perpanjangan Izin 10 TV Swasta Masih Proses Evaluasi…”


"...Ilustrasi Siaran Televisi..." Photo By ; Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Siaran Televisi…” Photo By ; Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Izin 10 stasiun televisi swasta nasional, secara de facto, belum mengalami perpanjangan.

Menurut pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dan hal ini masih dalam diskusi di kementeriannya, DPR RI, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkominfo, Rudiantara, Kamis (6/10/2016), saat berlangsung diskusi KPI dalam pertemuan Rapat Pimpinan Nasional KPI 2016 di Bekasi.

Ini pertama kali perpanjangan ijin, tidak pernah disiapkan jauh-jauh hari bagaimana mengevaluasinya. Proses evaluasi ini kan tidak pernah disiapkan,” kata Rudiantara.  Rudiantara mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan rancangan regulasi yang memperbaiki soal evaluasi dan perpanjangan izin penyiaran.

“Jadi 10 tahun terakhir harusnya dievaluasi, data-datanya banyak yang tercecer tahun sebelumnya. KPI juga periodenya cuma tiga tahun. Kalau harus mengumpulkan data-data sampai 10 tahun ke belakang, kita coba realistis saja, tidak mungkin mendapatkan data yang berkualitas untuk dianalisis, untuk dijadikan dasar bahwa rekomendasi ini diberikan atau tidak,” ujarnya lagi.

Perbaikan regulasi tersebut termasuk keharusan penyampaian laporan berkala, seperti laporan permodalan, laporan keuangan, dan laporan pengoperasian bagi para pelaku industri penyiaran. Dengan adanya regulasi ini, Rudiantara juga berharap 10 tahun ke depan, pada 2026, Kemenkominfo tidak akan mengalami kesulitan saat mengevaluasi perpanjangan izin lembaga penyiaran swasta.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s