Beranda

“…KPAI : Pendidikan Tidak Boleh Dipolitisasi …”


"...Ilustrasi Buku sebagai media belajar..."

“…Ilustrasi Buku sebagai media belajar…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto mengingatkan bahwa pendidikan tidak boleh dipolitisasi. Jangan sampai ganti menteri, ganti presiden lalu berganti sistem pendidikan di Tanah Air. Sistem pendidikan disusun berdasarkan kebutuhan.

“Menurut hemat kami, kita butuh politik pendidikan untuk memastikan arah pendidikan namun pendidikan jangan sampai menjadi instrumen politik. Itu catatan besar bagi bangsa ini. Seolah ganti menteri, ganti presiden maka ganti kurikulum. Pada dasarnya sesuai dengan kebutuhan saja,” kata Susanto dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Kamis (6/10/2016).

Dia juga mengapresiasi keseriusan Presiden Joko Widodo untuk memperbaiki layanan pendidikan. Namun harus diperjelas pola layanan pendidikan tersebut. Menurutnya, sarana dan prasana pendidikan harus ditingkatkan . Kemudahan dalam mengakses pendidikan terutama di kawasan wilayah terpencil dan perbatasan juga harus menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Kita butuh reformasi sistem layanan pendidikan. Kita butuh transformasi, model sekolah seperti apa yang diinginkan,” ujarnya. Dilansir dari situs Setkab, Presiden Jokowi juga meminta agar infrastruktur pendidikan juga harus terus diperbaiki. Dari 1,8 juta ruang kelas, hanya 466.000 dalam kondisi yang baik. Sementara dari 212.000 sekolah, ada 100.000 sekolah yang belum memiliki peralatan pendidikan.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s