Beranda

“…BAKAMLA Tuan Rumah Pertemuan Penjaga Pantai Se-Asia…”


"...Kepala Badan Koordinasi Keamanan Laut RI, Ari Soedewo..."

“…Kepala Badan Koordinasi Keamanan Laut RI, Ari Soedewo…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi penjaga pantai se-Asia, atau Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-12 di Jakarta.

Acara yang digelar hingga 14 Oktober mendatang ini dihadiri 22 negara di seluruh Asia. Menurut Kepala Bakamla Laksdya Ari Soedewo, pertemuan ini berfokus pada pencegahan dan penanganan tindak pelanggaran hukum di laut, perlindungan terhadap lingkungan hidup perairan, SAR, dan peningkatan kapasitas organisasi.

“Selain pertemuan, kami juga mengadakan latihan bersama soal penindakan kasus di laut, SAR, dan prosedur pertolongan di laut,” tambahnya di Jakarta, Rabu (13/10). Output dari kegiatan HACGAM ini sendiri berupa sharing informasi, peningkatan kualitas sumberdaya, keamanan maritim, serta misi damai.  

Bakamla mengemban tugas untuk menegakan hukum dalam ranah sipil. Saat ini Bakamla baru diperkuat dengan enam unit kapal yang masing-masing dioperasikan dua di wilayah timur, dua di wilayah barat serta dua di wilayah tengah.”Wilayah selatan bukannya tidak diawasi, dari pemantauan bersama ada indikasi bahwa pamengpeuk menjadi pintu masuk ilegal, kami bekejasama dengan aparat darat untuk meningkatkan kewaspadaan mencegah hal tersebut (masuknya narkoba dan imigran gelap-red). Namun, memang faktor alam tantangan laut selatan lebih berat sehingga potensi penyelundupan lebih kecil,” jelas Ari.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s