Beranda

“…Tim Barongsai Indonesia Mengukir Prestasi di Kejuaraan Dunia Tafisa Games…”


"...Klub Xin Wang DKI Jakarta beraksi pada ajang World Dragon and Lion Dance Championship rangkaian dari The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Ancol, Jakarta, Senin (10/10)...." Photo By  Tafisa Games

“…Klub Xin Wang DKI Jakarta beraksi pada ajang World Dragon and Lion Dance Championship rangkaian dari The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Ancol, Jakarta, Senin (10/10)….” Photo By Tafisa Games

“…NRMnews.com – JAKARTA, TAFISA World Sport for All Games ke-6 atau TAFISA Games 2016 di Jakarta secara resmi dibuka Sabtu malam (9/10) oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ia berpesan bahwa olahraga bertujuan lebih dari sekadar mencapai puncak prestasi dan mendapatkan imbalan materi. “Olahraga harus lebih banyak tentang persaudaraan, persahabatan dan kegembiraan,” ujarnya.

Salah satu olahraga rekreasi yang dijagokan oleh tuan rumah Indonesia dalam Tafisa Games adalah Kejuaraan Dunia Liong Barongsai dan Tari Naga. Ketua Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PBLSI) Nurdin Purnomo menargetkan Indonesia masuk peringkat 3 besar dunia di kejuaraan ini.

“Target kami menurunkan 30 team dari 18 provinsi, kontingen dari luar negeri antara lain China, Macau, Hongkong, Chile, Malaysia, Thailand, Laos, dan lainnya. Indonesia sudah masuk 5 besar dunia untuk atraksi barongsai, targetnya setidaknya masuk 3 besar dunia,” papar Nurdin pada redaksi NRMnews.com, Senin (10/10/2016).

Animo daerah untuk menurunkan atlitnya di kejuaraan Barongsai ini juga tinggi, terlihat dari banyaknya perwakilan dari provinsi di Indonesia. “Ada 2 tim dari Semarang terlambat datang, pendaftaran sudah ditutup. tapi kami tetap fasilitasi sudah jauh-jauh datang,” imbuhnya.

Hasilnya tidak sia-sia, Indonesia berhasil meraih delapan medali pada Kejuaraan Dunia Barongsai dan Tari Naga The Association for International Sport for All (TAFISA) World Sport for All Games 2016, yang diselenggarakan di Ecovenction, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

“Prestasi ini merupakan suatu terobosan karena kejuaraan dunia yang didukung Komite Olimpiade Internasional (IOC), UNESCO serta pemerintah Indonesia ini pertama kalinya diadakan sepanjang sejarah,” pungkas Nurdin Purnomo.  Perunggu didapatkan Indonesia dari tim barongsai Singa Mas Formi Banten, tim Liong GKB Jawa Barat, tim Long Wang dari Jawa Barat dan tim Jing Se Dui, Jawa Barat.

Adapun Emas didapatkan tim BDS Bangka Belitung dari kategori Barongsai Tonggak, sementara perak dari kategori Barongsai Tradisional (tim barongsai Huang Ho Say tim B dari Provinsi DKI Jakarta), kategori Liong (tim Liong Ching Lung dari Bekasi, Jawa Barat) dan kategori Barongsai Tonggak (tim Longhu – Jawa Barat).

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s