Beranda

“…Penggunaan Alat Kesehatan Buatan Dalam Negeri, Jamin Layanan Purna Jual…”


"...Ilustrasi Layanan Kesehatan..." Photo By: Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Layanan Kesehatan…” Photo By: Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – SURABAYA, Kementerian Perindustrian menyampaikan beberapa keuntungan menggunakan alat kesehatan yang diproduksi industri dalam negeri, salah satunya yakni keterjaminan purna jual-nya (aftersales).

“…Ada keterjaminan aftersales dan karena produksinya di sini, jadi bisa komplain atau servis di sini…”, kata Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat di Surabaya, Kamis.

Menurut Syarif, kualitas alat kesehatan dalam negeri juga tidak kalah dengan barang-barang impor, misalnya produk asal China. Kemenperin menjamin bahwa produk alkes buatan Indonesia sudah memenuhi syarat dari Kementerian Kesehatan dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“…Kalau produk China kan luas, ada yang bagus sampai yang jelek, kalau kita salah pilih kan repot. Kalau kita pilih produk Indonesia, tidak akan ada yang berani main-main karena dekat dan diawasi…”, ungkap Syarif.

Untuk itu, Syarif mengimbau agar rumah sakit yang beroperasi di Indonesia lebih banyak menggunakan produk alkes produksi dalam negeri, mengingat saat ini penggunaan produk impor masih mendominasi.

Sehingga, Program Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dapat didukung oleh semua pihak. “…Masa cuma tensimeter saja harus impor sih, kan kualitasnya sudah sama dan harga lebih kompetitif…”, ujarnya.

Syarif menyampaikan, tren pertumbuhan industri alat kesehatan saat ini masih rendah, yakni sekitar 8 persen per tahun. Kemenperin menargetkan agar pertumbuhannya mampu menyentuh angka 10 persen, sehingga yang potensial ini mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

( Oleh: NRMnews.com/ Pringga W.-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s